Duta.com : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 5

Analisis Pemodelan Arsitektur Enterprise Untuk Mendukung Sistem Informasi Akademik Dengan Togaf (The Open Group Architectureframework) (Studi Kasus AMIK AMIKOM Surakarta)

Widiyanto Hadi (STMIK AMIKOM Yogyakarta)
Abidarin Rosidi (STMIK AMIKOM Yogyakarta)
Emha Lutfi (STMIK AMIKOM Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2013

Abstract

Penerapan teknologi informasi pada organisasi atau perusahaan tidak mudah untuk dilakukan. Membutuhkan perencanaan yang baik, kerjasama antara elemen yang kompak, keinginan berubah yang kuat serta sesuai dengan visi dan misi dari organisasi agar bisa diterapkan. Organisasi seperti perguruan tinggi adalah salah satu contoh yang memiliki elemen yang cukup kompleks, antar elemen selalu bertukar data dan memiliki komunikasi yang cukup kuat, sehingga sangat cocok untuk menerapkan teknologi informasi. Dalam penelitian ini akan melakukan perancangan arsitektur enterprise menggunakan metode TOGAF framework, antara lain TOGAF ADM, value chain, dan Business System Planning (BSP). Untuk menghasilkan langkah-langkah dalam pembuatan arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi, dan arsitektur teknologi. Metode ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan, diantaranya TOGAF framework bersifat open source, lebih detil, lebih lengkap, dan bersifat fleksibel. Platform teknologi yang ada saat ini mendukung kanditat aplikasi yang diusulkan tetapi perlu penambahan dan peningkatan teknologi dengan optimalisasi teknologi yang ada. Dengan model rancangan arsitektur enterprise yang digunakan dalam makalah ini sepenuhnya mengadopsi pada penerapan TOGAF ADM sebagai salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan perancangan arsitektur enterprise. Setiap tahapan pada TOGAF ADM dapat dilakukan secara benar apabila proses bisnis yang ada di dalam organisasi benar-benar harus dipahami dan mampu di identifikasi secara lengkap dan benar. Pemodelan arsitektur enterprise ini, memberikan panduan dalam membuat cetak biru untuk pengembangan SIA untuk data, aplikasi, bisnis, dan teknologi. Untuk itu pemodelan arsitektur enterprise ini dapat dijadian panduan langkah awal untuk melakukan perencanaan dan pembuatan cetak biru pengembangan SIA.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

dutacom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Duta.Com is an article journal in the field of Information Technology and Communication, published in February and August are published annually by the Institute for Research and Service, Faculty of Computer Sciences, University Duta Bangsa Surakarta. The aim is to share, develop, facilitate ...