Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok melalui metode Teknik modeling pada perkembangan sosial, emosional siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Darul Ulum Kepuhdoko. Dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 20 orang. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan independent sample t-test, dapat diketahui nilai mean, post test pada kelompok eksperimen sebesar lebih besar dari kelompok kontrol. Selanjutnya pada output uji hipotesis independents sample t-test, diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001. Karena nilai signifikansi (2 tailed) 0,01 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya Konseling Behavioral Teknik Modeling Efektif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah.
Copyrights © 2018