cover
Contact Name
Machrus Ali
Contact Email
lppm.undar1965@gmail.com
Phone
+6285645194844
Journal Mail Official
bakhrudin_bk@yahoo.com
Editorial Address
Jalan Gus Dur 29A, Mojongapit, Jombang
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Published by Universitas Darul Ulum
ISSN : 25807862     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum. Diterbitkan secara rutin 2 kali dalam satu tahun untuk memenuhi pemuatan karya ilmiah para peneliti dan akademisi Pengelola FKIP Universitas Darul Ulum Jombang, Jl. Gus Dur No. 29 A Jombang 61413, Frekwensi terbitan: 6 bulanan
Articles 49 Documents
Pengaruh Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Didik Taman Kanak-Kanak
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.884 KB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak sampai memasuki tahap pendidikan dasar. Pendidikan disarankan untuk mengembangkan potensi anak seoptimal mungkin dengan tahap tumbuh kembang anak melalui kegiatan bermain sambil belajar. Dalam memberikan layanan pendidikan, guru taman kanak-kanak memegang peranan di dalam menentukan pencapaian pendidikan yang berlangsung di dalam kelas, untuk itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam hubungannya dengan anak adalah meningkatkan perkembangan sosial emosional. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 menyatakan bahwasanya ada aspek-aspek. Pada penelitian ini menggunakan menggunakan quasi ekperimental desain. Metode ini menggunakan kelas kontrol atau kelas pembanding. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group. Setelah diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji beda. Data yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini ialah data selisih antara skor rata-rata post-test dengan skor rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol. Dari pengujian hipotesis kemampuan sosial anak diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,797 > 1,701 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan sosial anak yang diajarkan dengan metode bermain peran lebih baik daripada rata- rata kemampuan sosial anak usia dini yang diajar dengan metode Daring atau dengan kata lain metode bermain peran berpengaruh positif terhadap kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak – Kanak As- Salamah Tahun 2019/2020.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN SEKOLAH PADA SISWA SMP Elok Puji Sukriyah; Bakhrudin All Habsy; Ely Roy Madoni
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.063 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengientifikasi: 1) Bagaimana motivasi melanjutkan sekolah pada siswa SMP Darul Ulum Tapen. 2) Mengetahui pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen. Dalam hal ini peneliti berpandangan bahwa variabel X tersebut sangat berpengaruh terhadap Motivasi melanjutkan sekolah pada umumnya. Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Ulum Tapen, dimana jumlah sampel siswa sebanyak 36 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi melanjutkan sekolah pada siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Tapen tergolong memiliki motivasi melanjutkan sekolah yang baik. Secara rinci dapat disebutkan bahwa sebanyak 2 responden (5.56%) memiliki skor sangat baik, 30 responden (83.33%) memiliki skor baik, dan sebanyak 4 responden (11.11%) memiliki skor cukup baik. Layanan Informasi terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen mempunyai pengaruh yang signifikan. Hal ini didukung setelah melakukan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yang perhitungannya dibantu dengan menggunakan SPSS versi 20 maka dapat diperoleh thitung sebesar 7,823 lebih besar dari ttabel 2,032 pada taraf nyata 0,05 dengan koefisien determinasi ganda sebesar 0,632 atau 63,2% dengan probabilitas kesalahan 0,000. Ini berarti hipotesis pertama menyatakan ada pengaruh Layanan Informasi terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen. Kemudian variabel bebas yang dimasukkan dalam model penilaian mempunyai kontribusi sebesar 63,2% yang sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian yang signifikan atau hasil yang menggambarkan adanya pengaruh Layanan Informasi terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen. Maka pihak sekolah atau pihak guru hendaknya selalu memperhatikan aspek layanan informasi agar dalam pencapaian terhadap motivasi melanjutkan sekolah dapat meningkat dengan baik
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN BENTENGAN TERHADAP ERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA TK Fita Harisatul Mufidah; Bakhrudin All Habsy; Dimas Heri Suroso
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.643 KB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian experiment, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Designs menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh jumlah murid TKIT Al Ummah yang berjumlah 74 perserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis yang digunakan yaitu t-test independent sample. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah uji prasayarat terpenuhi langkah selanjutnya yaitu uji hipotesis. Metode analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, berdasarkan table output “Independent Samples Test” pada bagian “Equal Variances Assumed” diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar ,000 < 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh (efektif) layanan bimbingan kelompok melalui permainan bentengan terhadap perkembangan sosial-emosional anak kelompok B.
PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGURANGI DAMPAK BABY BLUES SYINDROME PADA IBU PASCA MELAHIRKAN Mazidatul Barroh; Meilina Juwita Andini; Tadjoer Ridjal
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.978 KB)

Abstract

Penelitianini dilakukan di dua desa di kecamatan Tembelang yaitu di desa Pacarpeluk dan desa Kedungrejo, penelitian ini betujuan untuk mengetahui sejauh mana peran bimbingan dan konseling untuk mengurangi dampak baby blues syndrome pada ibu pasca melahirkan, jumlah sampel yang di teapkan sebanyak 44 responden, metode penelitian yang digunakan adalah mix-methods atau metode penelitian kombinasi, teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket dengan menggunakan sekala likert sebagi variable independen disini adalan Peran Bimbingan dan Konseling dan variable dependen adalah mengurangi dampak baby blues syndrome , obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa Peran Bimbngan dan Konseling dapat mengurangi dampak baby blues syndrome di dua desa di kecamatan Megaluh.
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN PRESTASI ANAK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa KB Harapan Bunda Menturus Kudu Jombangtahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan korelasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa KB Harapan Bunda Menturus Kudu Jombangyang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Hasil uji validitas butir untuk skala perhatian orangtua dari 40 butir dinyatakan valid semua. Reliabilitas alpha untuk skala perhatian orangtua sebesar 0,996. sedangkan uji persyaratan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa KB Harapan Bunda Menturus Kudu Jombangtahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai signifikansi (sig) pada hasil perhitungan lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,005 (0,005 < 0,05), dan melalui hasil yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 8,616 > Ftabel 4,05. Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa.
EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH Nur Cholidah; Rohana Maryam; Bakhrudin All Habsy
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 1 No. 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.529 KB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok melalui metode Teknik modeling pada perkembangan sosial, emosional siswa Madrasah Tsanawiyah. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Darul Ulum Kepuhdoko. Dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII berjumlah 20 orang. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan independent sample t-test, dapat diketahui nilai mean, post test pada kelompok eksperimen sebesar lebih besar dari kelompok kontrol. Selanjutnya pada output uji hipotesis independents sample t-test, diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001. Karena nilai signifikansi (2 tailed) 0,01 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya Konseling Behavioral Teknik Modeling Efektif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah.
KEEFEKTIFAN KONSELING BEHAVIOR DENGAN TEKNIK AVERSI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII MTS ABI HUROIROH Siti Marfu’ah; Miftakhul Djannah; Bakhrudin All Habsy
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.53 KB)

Abstract

Pada bulan Maret 2020, dampak dari Pandemi COVID-19 mulai menyebar di Indonesia. Kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk memutus jalur penyebaran virus COVID-19 termasuk kebijakan diantara yaitu Belajar dari Rumah atau biasa disingkat BDR.Media yang digunakan adalah media Handphone.Hp tidak hanya digunakan untuk BDR namun juga digunakan untuk Game Online, sehingga membuat beberapa siswa mengalami kecanduan Game Online.Salah satu upaya untuk mengurangi kecanduan Game Online adalah dengan mengunakan bimbingan konseling behavior dengan teknik aversi.Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap.Tahap pertama dilakukan penyebaran angket sebelum dilakukan teknik aversi.Setelah itu dilakukan pengambilan sampel 10 anak secara acak untuk dilakukan bimbingan konseling behavior dengan menggunakan teknik aversi. Setelah itu, dilakukan penelitian tahap kedua dengan hasil yang dapat disimpulkan adalah ada perbedaan tingkat kecanduan game online pada anak yang tidak melakukan bimbingan konseling dengan anak yang melakukan bimbingan konseling behavior dengan teknik aversi.
KEEFEKTIFAN STORY TELLING DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DIPENDIDIKAN ANAK USIA DINI Sholihaty Fitriyah; Bakhrudin All Habsy; Dimas Heri Suroso
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.902 KB)

Abstract

Kemampuan berbicara anak usia dini adalah kemampuan anak yang berada dalam usia 1-6 tahun untuk mengungkapkan keinginannya melalui susunan kata yang mudah untuk dimengerti dan jelas dalam pengucapannya sehingga menjadi suatu kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain. Metode Story Telling merupakan salah satu cara dalam mengembangkan potensi berbicara anak Usia Dini. Story telling adalah sebuah cerita atau mendongeng untuk menyampaikan sebuah peristiwa melalui kata-kata atau gambar. Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang muncul pada anak kelompok B umumnya kemampuan berbicara anak masih rendah. maka peneliti melakukan penelitian pada kelompok B sebanyak 12 orang siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Story Telling dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan instrument penelitian. Hasil penelitian kemampuan berbicara anak kelompok B setelah diberikan tindakan melalui pemberian metode bercerita (story telling) terbukti meningkat. Rekomendasi bagi guru anak usia dini diharapkan menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak seperti halnya metode bercerita (story telling). Bagi peneliti diharapkan selalu berusaha mencari alternatif metode sehingga dapat menambah masukan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.
PERANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH Lutfiyatul Jauhariyati; Siti Arifah; Suhudi Suhudi
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.795 KB)

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Hal ini didukung dengan beberapa fakta yaitu kekayaan alam yang melimpah dan keanekaragaman hayati, kemajemukan sosial budaya, dan jumlah penduduk yang besar. Oleh karena itu, bangsa indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi negara yang maju, adil, makmur, berdaulat, dan bermartabat. Namun demikian, untuk mewujudkan itu semua kita masih menghadapi permasalahan yang kompleks. Mulai dari politik, ekonomi dan sosial-budaya. Untuk menghadapi masalah-masalah tersebut dan menghadapi persaingan yang tinggi untuk menjadi indonesia yang lebih maju diperlukan penguatan Karakter disiplin para siswa kita. Permasalahan yang dialami Indonesia pada saat ini tidak bisa lepas dari proses pendidikan yang ada. Hal ini disebabkan karena masalah konselingan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah internalisasi nilai-nilai dalam pendidikan masih kurang. Saat ini, proses pendidikan yang ada hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan siswa. Adapun aspek moral dan etis sebagai basis pembentukan Karakter disiplin dan budaya bangsa tidak begitu diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Konseling Individu, bentuk layanan Konselingpada anak kelas 3 Madrsah Ibtidaiyyah mejono keras diwek jombang pada tahun ajaran 2020/2021. Secara rinci penelitian ini untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang terkait pengaruh bentuk layanan Konselingindividual yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan penempatan, layanan konseling. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan minggu ke tiga bulan Agustus 2020. Di lembaga Madrasah Ibtidaiyyah Mejono Keras Diwek Jombang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah cukup baik dalam implementasi bentuk layanan KonselingIndividu dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan psikolog dan wali siswa kelas 3. Hal ini didapat dari adanya perencaan kegiatan hingga tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam pengaruh bentuk layanan Konselingindividu pada anak kelas 3.
PENGARUH KESEHATAN MENTAL DITENGAH WABAH COVID 19 TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI Isrofatul Laili; Miftakhul Djannah; Tadjoer Ridjal
Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia Vol. 3 No. 1 (2020)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul ‘Ulum

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.668 KB)

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian korelasion dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kesehatan mental Terhadap penigkatan Prestasi Belajar siswa ditingkat Sekolah Dasar.Penelitian ini di laksanakan di SDN Kayangan 2 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 1-6 berjumlah 125 siswa dan pengambil sample 48 siswa dari kelas 4 – 6. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan random Sampling dapat diketahui dari nilai mean posstest pengaruh kesehatan mental terhadap penigkatan prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang dapat dilihat dari koefisien (R- Square). R-Square = 0,678. Dengan demikian besarnya pengaruh kesehatan mental terhadap penigkatan prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang sebesar 67,80 %, sedangkan sisanya 32,20 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Saran untuk guru BK diharapkan dapat berlatih untuk menambah pemahaman terhadap kesehatan mental pada siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental pada siswa. Kemudian membuat program kerja sama antara guru dan orang tua dengan tujuan mendorong penigkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar