Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 2 (2020)

KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Munajat Munajat (Universitas Darul Ulum Jombang)
Miftakhul Djannah (Universitas Darul Ulum Jombang)
Tadjoer Ridjal (Universitas Darul Ulum Jombang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui adanya penurunan kecanduan bermain game online pada siswa kelas XI sekolah menengah kejuruan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy.Dari sampel sebanyak 10 siswa pada pre-test, terdapat kategori sangat tinggi sebanyak 1 siswa dengan persentase 10% dan kategori tinggi sebanyak 9 siswa dengan persentase 90% Selanjutnya, untuk post-test terdpat kategori rendah sebanyak 3 siswa dengan persentase 30% sementara untuk kategori sedang sebanyak 7 siswa dengan persentase 70% sehingga frekuensi yang diperoleh sebanyak 10 siswa dengan persentase 100%.Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini terdapat penurunan kecanduan bermain game online pada siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...