Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 2 (2021)

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 4-6 Tahun

Fajar Hanafi (RA Muslimat Sumberjo Jombang)
Tadjoer Ridjal (Universitas Darul Ulum Jombang)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dengan perkembangan anak pra sekolah usia 4-6 tahun di RA Muslimat Sumberjo Jombang Penelitian ini di laksanakan di RA Muslimat Sumberjo Jombang adalah semua orang tua anak pra sekolah usia 4-6 tahun di RA Muslimat Sumberjo Jombang sejumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket digunakan untuk mengumpulkan data pola asuh orangtua dan perkembangan anak. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan kegiatan pengisian angket. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan Analisis uji t regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola asuh orang tua di di RA Muslimat Sumberjo Jombang pada umumnya bersifat pola asuh demokratis. Perkembangan anak pra sekolah (4-6 tahun) di RA Muslimat Sumberjo Jombang sebagian besar adalah sesuai, Variabel pola asuh orangtua memiliki nilai koefesien regresi yang positif yaitu sebesar 1,551 dan pada tingkat signifikansi (< 5%) menghasilkan nilai uji t hitung sebesar 3,621, sedangkan t-tabel (± 2,069) dengan df = n-k-1 = 25-1-1 = 23, karena nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3,621> 2,069) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh X1 terhadap Y. Kesimpulan yang diperoleh dari Uji t bahwa pengaruh pola asuh orang tua dengan perkembangan anak pra sekolah usia 4-6 tahun di RA Muslimat Sumberjo Jombang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...