Jendela ASWAJA
Vol. 1 No. 01 (2020): September

IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MELALUI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PESANTREN DI MTs AL-ISHLAH GARAWANGI

Mumu Muzayyin Maq (Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2020

Abstract

Pendidikan sebagai proses penenuhan kebutuhan keilmuan seluruh peserta didik. Proses impelementasi pendidikan merupakan langkah dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Implementasi Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pelaksanaan Pendidikan Pesantren di MTs Al-Ishlah Garawangi Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka merupakan salah satu proses dalam upaya kolaborasi kurikulum pendidikan dengan kurilulum pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk deskripsikan proses impementasi kurikulum dari sisi desain, proses dan hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTs Al-Ishlah Garawangi Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Hasil dari penelitian ini ialah berhubungan dengan pengembangan nilai-nilai pengembangan diri siswa terhadap penilaian norma keagamaan. Fokus implementasi pendidikan pesantren mengikuti pada program-program sekolah sebagaimana yang telah dirumuskan dalam standar kompetensi pada dokumen kurikulum madrasah. Proses implementasi pendidikan pesantren yang dikembangkan melalui program pengajaran terstruktur dan mengedepankan pengkajian nilai-nilai keagamaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jendela ASWAJA merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon yang memiliki online ISSN 2745-9470. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang kumpulan dari berbagai disiplin ilmu. jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan ...