cover
Contact Name
Ardi Dwi Susandi
Contact Email
dwisusandiardi@gmail.com
Phone
+6281804067680
Journal Mail Official
dwisusandiardi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sisingamangaraja No. 33, Lemahwungkuk, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jendela ASWAJA
ISSN : -     EISSN : 27459470     DOI : https://doi.org/10.52188
Core Subject : Social,
Jendela ASWAJA merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon yang memiliki online ISSN 2745-9470. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang kumpulan dari berbagai disiplin ilmu. jurnal ini terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan bulan September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 50 Documents
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SMASH PADA OLAHRAGA BULUTANGKIS Syifa Nurbait; Cahya Setia; Nur Mahfuzah Agustin
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.448 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.51

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilakan model latihan smash pada olahraga bulutangkis untuk usia remaja, selain itu pengembangan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh keefektifitasan, efsien serta daya tarik atlet dari model latihan yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan R n D (Research and Development) yang dikutip dari ahli penelitian yaitu Brog dan Gall. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah atlet remaja bulutangkis berjumlah 45 anak. Instrument penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket, kuisioner dan tes smash bukutangkis yang digunakan untuk mengumpulkan data. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan, 2) evaluasi ahli (produk awal), 3) uji coba terbatas (ujicoba kelompok kecil), 4) ujicoba utama (field testing), uji efekttifitas model menggunakan tes smash untuk mengetahui tingkat kemampuan smash setelah perlakuan atau treatment model smash yang dikembangkan, dari tes awal yang dilakukan memperoleh tingkat smash atlet sebesar 1349, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model smash memperoleh tingkat kemampuan smash atlet sebesar 1846. Maka model smash bulutangkis ini efektif dalam meningkatkan kemampuan smash bulutangkis untuk usia remaja. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: 1) model latihan smash bulutangkis untuk usia remaja dapat dikembangkan dan diterapkan dalam latihan bulutangkis, 2) model latihan smash untuk usia remaja yang telah dikembangkan, maka diperoleh adanya peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan adanya perbedaan dari hasil pengujian pretest dan posttest yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan.
LITERATUR REVIEW: PENGEMBANGAN PROFESI GURU BAHASA INGGRIS Sri Hastuti
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.818 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.52

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan program pengembangan profesi yang diikuti oleh guru Bahasa Inggris dalam meningkatkan kompetensinya. Metode yang digunakan adalah melalui tinjauan pustaka. Sumber pustaka diambil dari jurnal, buku, dan peraturan/kebijakan pemerintah yang mengatur tentang pengembangan profesionalisme guru. Berdasarkan tinjauan pustaka, banyak guru Bahasa Inggris yang memiliki motivasi yang rendah untuk mengikuti kegiatan KKG/MGMP, pelatihan, atau melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena kurangnya dukungan dari pemerintah dan sekolah, baik dalam hal pelaksanaan, ketersediaan fasilitas maupun pembiayaan.. Namun, upaya peningkatan kompetensi guru dapat dilaksanakan melalui program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan dibimbing dan diawasi oleh pengawas sekolah
“Pengaruh Pemberian Pakan buatan dengan Komposisi Ampas Tahu, Tepung rajungan Dedak dan Progol Terhadap Pertumbuhan Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus ) ’’ Eulis Henda
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.428 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.53

Abstract

Tujun dari penelitian ini (1).Untuk mengetahui pengaruh pemberian formulasi pakan dengan komposisi Ampas tahu, dedak, progol dan tepung tapioka terhadap pertumbuhan ikan Lele Sangkuriang.(2). Untuk mengetahui formulasi pakan yang lebih cepat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan Lele Sangkuriang Rancangan penelitian.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan melakukan percobaan langsung dengan membuat beberapa produk olahan dari ampas tahu menjadi pelet pakan ikan lele dan menganalisisnya dengan uji kuantitatif.Data yang diperoleh dari hasil percobaan tersebut diolah dengan menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Hasil dari penelitian ini adalah Ikan Lele mengalami pertumbuhan panjang selama 30 hari / 4 minggu pemeliharaan dari 4 cm menjadi 7,9 cm Dari data panjang rata-rata ikan diketahui bahwa rata-rata pertumbuhan berkisar antara 4 cm hingga 8,0 cm. Hasil analisis ragam menyatakan bahwa pemberian pakan pellet ikan lele 100% (pakan control) mempunyai pengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang mutlak melalui uji BNT (Fhit>0.05). Ikan lele mengalami perubahan dalam 30 hari / 4 minggu pemeliharaan diketahui dari data berat rata-rata ikan lele bahwa terjadi peningkatan berat dari 0,71 gram menjadi 4,3627 gram disajikan pada Pertumbuhan berat rata-rata ikan lele berkisar antara 3,036 gram hingga 3,7046. Hasil analisis ragam (Lampiran 5.) menyatakan bahwa pemberian pakan pellet ikan lele 100% (pakan control) mempunyai pengaruh nyata terhadap pertumbuhan beratt mutlak melalui uji BNT (Fhit>0.05).
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA Reja Yayang
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (726.792 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.54

Abstract

SMK adalah satuan pendidikan yang mengedepankan pengembangan keterampilan yang dibutuhkan siswa di dunia kerja. Perencanaan karir di SMK sudah dimulai sejak awal masuk sekolah, diantaranya ketika siswa menentukan akan melanjutkan pendidikan, menentukan jurusan yang diambil, dan menentukan ekstrakulikuler serta kegiatan di luar sekolah yang diambil bagi pengembangan keterampilan guna pendukung tujuan karirnya, tentu pilihan-pilihan tersebut perlu dilakukan secara mandiri oleh siswa. Hal tersebut merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan perencanaan karir siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa, dengan teknik pengambilan sampel meted teknik random sampling. Maka diperoleh sampelnya berjumlah 79 siswa kelas XI TKJ SMK PGRI Palimanan tahun ajaran 2019/2020. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kecerdasan emosional dan skala Kemampuan perencanaan karir. Reliabilitas skala diuji dengan menggunakan Alpha Cronbach dengan koefisien kecerdasan emosional sebesar 0,860 dan pada variabel kemampuan perencanaan karir sebesar 0,873. Analisis data dengan menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan SPSS versi 25.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XI TKJ SMK PGRi 1 Palimanan dengan koefisien korelasi sebesar 0,382 dengan (p<0,05). Tanda positif menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka semakin tinggi kemampuan perencanaan karirnya, dan semakin rendah kecerdasan emosional siswa maka semakin rendah kemampuan perencanaan karirnya. Berdasarkan perhitungan dapat ditunjukkan bahwa sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap kemampuan perencanaan karir adalah sebesar 14,6% sedangkan sumbangan sebesar 85,4 % berasal dari faktor lain.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) MELALUI PELAKSANAAN PENDIDIKAN PESANTREN DI MTs AL-ISHLAH GARAWANGI Mumu Muzayyin Maq
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.564 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.55

Abstract

Pendidikan sebagai proses penenuhan kebutuhan keilmuan seluruh peserta didik. Proses impelementasi pendidikan merupakan langkah dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Implementasi Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pelaksanaan Pendidikan Pesantren di MTs Al-Ishlah Garawangi Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka merupakan salah satu proses dalam upaya kolaborasi kurikulum pendidikan dengan kurilulum pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk deskripsikan proses impementasi kurikulum dari sisi desain, proses dan hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTs Al-Ishlah Garawangi Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Hasil dari penelitian ini ialah berhubungan dengan pengembangan nilai-nilai pengembangan diri siswa terhadap penilaian norma keagamaan. Fokus implementasi pendidikan pesantren mengikuti pada program-program sekolah sebagaimana yang telah dirumuskan dalam standar kompetensi pada dokumen kurikulum madrasah. Proses implementasi pendidikan pesantren yang dikembangkan melalui program pengajaran terstruktur dan mengedepankan pengkajian nilai-nilai keagamaan.
ANALISIS PENERAPAN PENGELOLAAN RISIKO OPERASIONAL DALAM MEWUJUDKAN GOOD UNIVERSITY GOVERNANCE (STUDI KASUS PADA UNU CIREBON) Yekti Nilasari
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.868 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.56

Abstract

Penelitian dilakukan di Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon dengan maksud untuk menganalisis pengelolaan risiko opersional. Sistem Infomasi sangat bermanfaat untuk menunjang setiap kegiatan internal perguruan tinggi yang dapat menjadikan kesuksesan dan kemajuan perguruan tinggi. Prinsip dari corporate governance berpengaruh dalam pelaksanaan manajemen risiko adalah transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab (responsibilitas) dan independensi Risiko Operasional merupakan risiko yang timbul karena kegagalan dari proses internal, manusia, sistem atau kejadian ekternal. Universitas ini belum pernah mengadakan penngelolaan risiko operasional sehingga banyak indikator dari risiko operasional berpeluang sangat besar dan berdampak sangat tinggi yang dapat mengakibatkan kebangkrutan. Pengelolaan risiko operasional yang buruk menghambat terwujudnya good university governance. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang disebar dan dianalisis dengan menggunakan desain penelitian diskriptif. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka yang disebabkan oleh adanya penerapan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini, pengelolaan risiko operasional berpeluang sangat besar dan berdampak sangat tinggi yang dapat mengakibatkan kebangkrutan. Pengelolaan risiko operasional yang buruk menghambat terwujudnya good university governance.
IMPLEMENTASI MODEL DESA MIGRAN PRODUKTIF DI INDONESIA Bambang Sudaryana
Jendela ASWAJA Vol. 1 No. 01 (2020): September
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.672 KB) | DOI: 10.52188/ja.v1i01.57

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menentukan model pengelolaan desa yang mendukung penghentian pengiriman tenaga kerja Indonesia yang tidak terdidik ke luar negeri baik yang illegal maupun ilegal dan untuk menentukan strategi peningkatan kesejahteraan purna migrant dalam menata kehidupannya serta strategi menata kelola desa yang penduduknya memiliki jiwa kewirausahaan .Studi ini diharapkan untuk menyelidiki bagaimana model pengelolaan desa ini dapat dijadikan digunakan oleh masyarakat desa untuk menata kehidupannya menjadi sejahtera. Gagasan ini muncul setelah menemukan bahwa praktik mengelola desa migrant tidak efektif. Masyarakat desa Purna migrant hanya pulang untuk membelanjakan hasil kerjanya untuk pola yang konsumtif, bukan untuk investasi atau berwirausaha. Eksperimen dilakukan 1 (satu) tahun pada tahun 2019, untuk menentukan dampak implementasi model Desa migrant produktif. Sampel penelitian dilakukan terdiri dari 80 purna Migrant di Desa Kenanga Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu
PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALAMI CACING Tubifex sp. TERHADAP PERTAMBAHAN PANJANG DAN BOBOT IKAN ZEBRA (Branchyndanio rerio): THE EFFECT OF NATURAL FEEDING Worms Tubifex sp. TOWARDS THE LENGTH AND WEIGHT OF ZEBRA FISH (Branchyndanio rerio) Asep Rachmat Pratama
Jendela ASWAJA Vol. 2 No. 01 (2021): Maret
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (722.977 KB) | DOI: 10.52188/ja.v2i01.90

Abstract

One of the ornamental fishes which has a fairly good development prospect is zebra fish (Branchyndanio rerio). In the maintenance of zebra fish is needed special treatment in handling the fish larvae. The purpose of this study was to determine the effect of natural feeding on the Tubifex sp. silkworm to increase the length and weight of zebra fish larvae. This study contained 2 treatments, namely treatment A (feeding pellets in the morning and evening) and treatment B (feeding the Tubifex sp. silkworm in the morning and evening). Each treatment was carried out with 3 replications. Pellet feed and Tubifex sp. silkworm were given each ad libitum for 30 days. The results of this study showed that the percentage of fish seed increase in treatment B experienced a significant increase rather than just given pellet feed (Treatment A). For 30 days, the natural feeding of the Tubifex sp. in the morning and evening, fish larvae experienced a length increase of 13.78% and weight of 106.48%. This result is very different from fish larvae which were only given pellet feed in the morning and evening, which is only 12.31% for their weight and their length is fixed. The conclusion of this study is the natural feeding of Tubifex sp. have a significant effect on the length and weight of zebra fish larvae
POLA KONSUMSI IKAN PADA ANAK PAUD HARAPAN BANGSA DESA KANDAWARU KECAMATAN MUNDU-CIREBON Nurul Ekawati
Jendela ASWAJA Vol. 2 No. 01 (2021): Maret
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.493 KB) | DOI: 10.52188/ja.v2i01.92

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi ikan pada anak usia dini. Pola konsumsi ikan meliputi tingkat kesukaan terhadap ikan, frekuensi konsumsi ikan, jenis ikan yang dikonsumsi, dan jumlah ikan yang dikonsumsi. Metoda yang digunakan adalah deskriptif. Pengambilan sampel dengan total sampling, mendapatkan 30 anak beserta orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 86,7% anak menyukai ikan, 53,3% anak konsumsi ikan pada frekuensi 1-2 hari/minggu, jenis olahan ikan yang disukai yaitu 86,7% terasi dan ikan asin, jenis ikan air laut yang dikonsumsi 93,3% ikan bandeng, jenis ikan air tawar yang dikonsumsi 90% ikan mujair, dan 33,3% anak menghabiskan ikan dalam satu kali makan sebanyak ½-1 ekor ikan.
Siskha Putri Sayekti, Eva Siti Faridah, dan Restu Setia Ningrum IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA IT PESANTREN NURURAHMAN Siskha Putri Sayekti; Eva Siti Faridah; Restu Setia Ningrum
Jendela ASWAJA Vol. 2 No. 01 (2021): Maret
Publisher : LPPM UNU CIREBON

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (687.604 KB) | DOI: 10.52188/ja.v2i01.95

Abstract

Pandemic covid 19 membat seluruh aktivitas belajar dilakukan sistem pembelajaran jarak jauh. Sistem Pembelajaran Jarak Jauh ini erat kaitanyya dengan penggunaan E-Learning. E-Learning menjadi sebuah solusi strategis dalam menunjang aktifitas belajar karena dapat menghubungkan siswa, guru, serta pembelajaran tanpa harus adanya tatap muka. SMA IT Pesantren Nurrurahman, selama pandemic covid-19 menerapkan pembelajaran menggunakan E-Learning, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan pembelajaran meggunakan E-Learning dalam sistem Pembelajaran Jarak Jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sebab objek yang diteliti merupakan proses interaksi yang kompleks yaitu mengenai proses penerapan E-Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA IT Pesantren Nururahman Depok Siswa kelas XI. Hasil penelitian ini adalah penerapan E-Learning dalam sistem Pembelajaran Jarak Jauh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMA IT Nururrahman menggunakan beberapa platform E-Learning seperti zoom dan google classroom. Dalam prosesnya, sebelum melakukan pembelajaran guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta evaluasi yang disesuaikan dengan kondisi Pembelajaran Jarak Jauh.