JURNAL HUTAN TROPIS
Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Hutan Tropis Volume 3 No 3 Edisi November 2015

RELASI SISTEM KEPERCAYAAN PETANI DI KAMPUNG MALARIS KECAMATAN LOKSADO

Syahlan Mattiro (Program Studi Sosiologi dan Antropologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Baseri, Kayutangi Banjarmasin 70123)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2016

Abstract

Mata pencaharian penduduk di kampung Malaris tidak berbeda jauh dengan masyarakat Dayak yang lainnya, yang hidup di bantaran pegunungan Meratus. Mata pencaharian yang paling utama di Kampung Malaris ini adalah bercocok tanam padi.Sebelum mereka memulai menanam ada ketentuan-ketentuan sendiri yang mereka yakini. Sebelum mereka menanam mereka melihat tanda-tanda alam seperti pergeseran matahari dan bulan. Mereka meyakini bahwa ketika matahari mengarah ke barat dan bulan mengarah ke timur dan terjadi huruf silang (x) mereka tidak bisa menanam tanaman karena itu mendakan bahwa musim itu masih musim kemarau dan masa tanam ini juga di tentukan oleh angin seperti ketika angin mengarah ke selatan itu juga masih belum bisa membanih, ketika angin mengarah ke timur juga tidak bisa menanam karena itu melewati batas menanam kecuali ketika angin mengarah ke barat baru mereka bisa menanam.The livelihoods of residents in the village Malaris not much different from other Dayak people, who live on the banks of the mountains Meratus. The most important livelihood in Kampung Malaris this is rice farming. Before they begin to plant the provisions of their own which they believe. Before they grow they see signs of nature such as the shift of the sun and moon. They believe that when the sun to the west and the months leading up to the east and happen letter cross (x) they are unable to plant because it signifies that season it was the dry season and the growing season is also determined by the wind as when the wind towards the south it still can not be membanih, when the wind heading east also could not grow because it crossed the line except when the wind plant leading to a new west they could plant.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jht

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Earth & Planetary Sciences

Description

Jurnal Hutan Tropis (JHT) adalah blind peer-reviewed yang mempublikasikan artikel ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kehutanan mencakup kajian manajemen hutan, ekonomi dan bisnis kehutanan, pengelolaan DAS, hidrologi, silvikultur, penginderaan jauh, ekologi, ekowisata, ilmu tanah ...