Manajemen administrasi sangat dibutuhkan untuk semua bidang seperti pengelolaan administrasi perkantoran dengan tujuan agar dapat menghasilkan kinerja yang baik dan pengurusan administrasi dapat berjalan lancar dan cepat. Pengurusan administrasi termasuk dalam hal pembuatan kartu pelajar bagi siswa membutuhkan pengelolaan yang baik agar tidak membutuhkan waktu yang lama dan adanya database sebagai media penyimpanan dalam komputer. Kartu pelajar merupakan identitas siswa yang wajib dibagikan kepada mereka ketika berstatus sebagai siswa di sekolah tempat mereka menuntut limu seperti halnya pada sekolah menengah atas negeri (SMAN) 8 Maros, Sulawesi Selatan. Proses membuatan kartu pelajar pada sekolah tersebut masih dilakukan secara manual pada micrososft word dengan cara copy paste atau jika jumlah siswanya banyak maka pihak sekolah memilih jasa pembuat kartu pelajar. Berdasarkan kondisi tersebut, maka diperlukan adanya pelatihan pembuatan kartu pelajar untuk meningkatkan kinerja pelayanan staf bagian kesiswaan. Metode pendekatan yang digunakan adalah penelitian berbasis komunikasi dan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kinerja pelayanan dan manajemen data administrasi pada bagian kemahasiswaan serta lebih kreatif secara optimal dalam pemanfaatan aplikasi komputer berbasis desktop.
Copyrights © 2022