KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science
Vol. 2 No. 1 (2020): Edisi 2

PENGGUNAAN WHATSAPP MESSENGER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DIKALANGAN MAHASISWA (S TUDI KASUS MAHA S I SWA FIKOM U NIVERSITAS T EKNOLOGI S UMBAWA ANGKATAN 2015)

Afrijiansari Afrijiansari (Universitas Teknologi Sumbawa)
Abbyzar Aggasi (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguna penggunaan whatsapp messenger sebagai media komunikasi di kalangan mahasiswa ( studi kasus mahasiswa fakultas ilmu komunikasi angkatan 2015 universitas teknologi sumbawa ), perkembangan kemajuan internet saat ini begitu cepat, dengan kecanggihan internet menghadirkan sebuah media sosial yaitu whatsapp yang digunakan untuk berkomunikasi serta mendapatkan informasi dalam keseharian antara mahasiswa dengan dosen. Adanya fitur-fitur yang terdapat dalam whatsapp mendukung pengguna dalam proses komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitafif untuk menguji teori antara variable sehingga data terdiri dari angka-angka. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Kemudiaan peneliti melakukan teknik anaisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap penggunaan Whatsapp messanger sebagai media komunikasi dikalangan mahasiswa (studi kasus mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Fakultas Ilmu Komunikasi angkatan 2015), 34 mahasiswa fakultas ilmu komunikasi angkatan 2015 menggunakan whatsapp messanger sebagai media komunikasi dalam kesehariannya. Dan dari hasil penyebaran kuisioner sebanyak 10 butir pertanyaan untuk 34 responden Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi tentang Penggunaan Whatsaap messenger sebagai media komunikasi di kalangan mahasiswa (studi kasus mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2015 Universitas Teknologi Sumbawa) masuk kedalam kategori Baik.Kata Kunci : Komunikasi Whatsapp Messsenger Sosial Media.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KAGANGA

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Strategi Komunikasi, Public Relation, Komunikasi Sosial Budaya, Manajemen Komunikasi, Media dan Komunikasi, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Politik, Komunikasi ...