Indonesian Journal of Global Discourse
Vol. 2 No. 1 (2020): Indonesian Journal of Global Discourse

Peran Organisasi Filantropi Internasional dalam Mendukung Pembangunan Daerah Lombok – Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus: Yayasan LombokCare)

Baiq Radikawati (Unknown)
Syaiful Anam (Unknown)
Y. A. Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dari Yayasan LombokCare dalam membantu anak-anak penyandang disabilitas di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk memperoleh hak-haknya. Penyandang disabilitas di Pulau Lombok seringkali menghadapi keterbatasan dalam mengakses pendidikan, kesehatan, diskriminasi dan rata-rata mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan data primer (observasi dan wawancara langsung) serta data sekunder (buku, jurnal, laporan, artikel, dan data dari internet). Hasil penelitian menunjukkan Yayasan LombokCare telah melakukan perannya sebagai organisasi filantropi internasional melalui pelayanan pendidikan, rehabilitasi dan program sosial lainnya secara gratis yang diberikan kepada anak-anak disabilitas yang kurang mampu di Pulau Lombok dengan melakukan kemitraan bersama organisasi lainnya di luar negeri. Anak-anak tersebut telah banyak mengalami perkembangan dalam hal membaca, menulis, bergerak, dan membuat kreativitas sehingga peran mereka diharapkan dapat membantu pembagunan daerah Pulau Lombok, Provinsi NTB untuk mendukung dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijgd

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Global Discourse (IJGD), dikelola oleh Program Studi Hubungan Internasional-Universitas Mataram, adalah jurnal interdisipliner, berorientasi pada pemikiran kontemporer terapan yang mengkaji isu-isu yang saling terkait mengenai kajian-kajian politik, hubungan internasional, ...