Elektriese: Jurnal Sains dan Teknologi Elektro
Vol. 12 No. 01 (2022): Artikel Riset Periode April 2022

Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Matematika

Eva Yanty Situmorang (Universitas Efarina)
Elsida Aritonang (Universitas Efarina)
Nova Erawati Sidabalok (Universitas Efarina)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : untuk mengetahui pengaruh signifikan pada pembelajaran online terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Hipotesis penelitian Terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran online terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasinya berjumlah 181 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dan sampel yang terpilih dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa dengan perolehan sebesar 0,693 yang menunjukkan nilai Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,693 > 0,246). (2)Terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI di SMK Swasta Teladan Pematangsiantar dengan menunjukkan hasil yang signifikan sebesar 48,5%.

Copyrights © 2022