Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 4, No 2 (2022): Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP

Tedy Machmud (Universitas Negeri Gorontalo)
Sartika Sartika (Universitas Negeri Gorontalo)
Novianita Achmad (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Melalui tahapan pengembangan model ADDIE peneliti merancang suatu media pembelajaran menggunakan software Articulate Storyline pada materi Statistika dan Peluang. Kelayakan media dilihat oleh dua aspek yaitu aspek kevalidan dan kepraktisan. Hasil analisis menunjukkan validasi ahli media dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase berturut-turut 86,25% dan 92,27% yang dikategorikan “sangat valid”. Selanjutnya dari hasil uji coba diperoleh respon positif dari guru dan siswa dengan rata-rata persentase sebesar 79,35% dan 93,20% yang dikategorikan “praktis dan sangat praktis”. Rata-rata persentase untuk kedua aspek ini sebesar 87,77% yakni kategori sangat efektif, sehingga media pembelajaran matematika ini layak untuk diimplementasikan di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

VoJ

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika adalah jurnal yang bertujuan untuk mengungkap fakta, masalah, dan pemecahan masalah dalam bidang pendidikan matematika dan ...