Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020: Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020




Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian populasi ini diaksanakan di SMK Karsa Mulya Palangka Raya, Kalimantan Tengah dengan sampel 68 siswa kelas XI Multimedia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual dengan fakta – fakta dengan cara mengumpulkan data, mengolah, menganalisis, dan menginterprestasi data dalam pengujian hipotesis statistik. Variabel Bebas (X) adalah pengaruh media pembelajaran animasi powtoon sebagai media pembelajaran dan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Tekniik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Sederhana dan uji hipotesis penelitian. Hasil analisis diketahui bahwa: 1. hasil analisis regresi menunjukkan bahwa media pembelajaran animasi powtoon (Variabel X) memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik (Variabel Y). Hal tersebut dibuktikan dengan persamaan garis linear sederhana adalah ? = 7,011 + 1,703 X. Hal ini menunjukan bahwa nilai tidak hanya dipengaruhi oleh ? saja, tetapi ada faktor lain yang juga mempengaruhinya; 2. tingkat pengaruh antara media animasi powtoon dengan prestasi belajar siswa adalah sangat kuat yaitu 0, 982 dalam mempengaruhi prestasi belajar peserta didik; 3. berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung= 2,273 untuk X dan Y. Harga ini dikonsultasikan dengan dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel= 1,66515. Karena thitung> ttabel, maka Haditerima. Artinya: Ada pengaruh yang signifikasi antara Media Pembelajaran Animasi Powtoonterhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jtekpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. ...