cover
Contact Name
Beta Centauri February Lahirni
Contact Email
betabetut@gmail.com
Phone
+6285249126989
Journal Mail Official
jtekpend@upr.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Palangka Raya, Kampus UPR Tunjung Nyaho Jalan Hendrik Timang, Palangka Raya (73111), Kalimantan Tengah
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. JTekpend consider original research articles and review articles in any research areas of Technology Education. JTekpend provides informative variety of papers geared toward theory and practice in the following area: research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and learning.
Articles 38 Documents
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.094 KB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Bimbingan Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Kajiannya dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang meminta untuk mendalami materi tersebut akibat kurangnya penguasaan materi ketika jam pembelajaran berlangsung di kelas, kurangnya jam belajar siswa di rumah, hal ini disebabkan terlalu banyak waktu bermain anak sehingga ketika diminta untuk belajar mereka mengaku sudah lelah akibatnya kewajiban anak dalam belajar terabaikan. Masih banyak nilai siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan belajar kelompok, terhadap hasil belajar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 72 orang siswa, pengumpulan data menggunakan angket. Setelah data didapat, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Dari hasil analisis regresi dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier sederhana = 38.301 + 0.538 X dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil dari uji keberartian koefisien korelasi (Uji-t) diperoleh nilai thitung sebesar 8.747 untuk variabel bimbingan belajar kelompok dan variabel hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021, nilai ini dikonsultasikan dengan nilai ttabel N = 72 pada taraf signifikansi 5% sebesar 1.993 karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima, dan dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021.
PENGARUH MEDIA VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMAN 2 DUSUN SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021 Dini Eka Sintani; Hendriyono L.M; Winda Lestiani
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.757 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Media Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 59 orang siswa, pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data mengunakan Uji Regresi Lanier Sederhana. Hasil analisis uji regresi dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linier sederhana 42.231 + 0.518 X dan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang siknifikan antara media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 6.905 untuk variabel media videoscribe dan variabel hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Nilai ini dikonsultasikan dengan nilai ttabel N = 59 dan taraf signifikansi 5% sebesar 2.001 karena thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan Tahun Ajaran 2020/2021. Karena thitung lebih besar dari ttabel, maka hal ini berarti hipotesis nihil Ho dengan bunyi “Tidak terdapat pengaruh media videoscribe terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X SMAN 2 Dusun Selatan” ditolak.
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SWISHMAX TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 Rismayanti Rismayanti; Isna Fauziah; Winda Lestiani
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.667 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi Swishmax terhadap hasil belajar IPA. Seberapa besar konstribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki signifikansi atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020, terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 343 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas adalah pengaruh penggunaan aplikasi swishmax dan variabel terikat hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi yang diolah untuk diambil kesimpulan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi swishmax berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,294. Harga ini dikonsultasikan dengan dk = 57 dan taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel = 1,67203. Karena thitung> ttabel, maka Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Aplikasi Swishmax terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 2 Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020.
PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KRISTEN PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Beta Centauri; Orbit Thomas; Yopie Nataniel
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.154 KB)

Abstract

Pelaksanaan komunikasi persuasif saat proses pembelajaran merupakan salah satu cara yang sebaiknya dilakukan oleh para guru. Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang, baik secara verbal maupun nonverbal. Teknik komunikasi ini bersifat mengajak atau mendorong siswa agar mengikuti, memperhatikan serta memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga dapat menimbulkan kesadaran dalam diri masing-masing siswa akan begitu pentingnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi persuasif terhadap konsentrasi belajar siswa kelas IX SMP Kristen Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kristen Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 50 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 4,528. Sementara nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan N = 50, maka diperoleh ttabel sebesar 2,012. Kemudian variabel komunikasi persuasif memiliki tingkat signifikansi/probabilitas 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan. Jadi diperoleh nilai thitung > ttable yaitu 4,528 > 2,012 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh komunikasi persuasif terhadap konsentrasi belajar siswa kelas IX SMP Kristen Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021.
HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Hema Wati; Nani Setiawati; Beta Centauri
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.678 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisiskorelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah 220 orang siswa dan diambil sampel sebanyak 65 orang siswa dengan teknik pengampilan sampel clusterrandom sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Setelah data normal dan linear kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment. Hasil perhitungan korelasi product moment tersebut diperoleh besarnya r hitung = 0.545, sedangkan r tabel pada taraf signifikansi 5% dan N = 65 adalah sebesar 0,240. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel (0.545 >0,240) Jadi dari hasil yang diperoleh dapat dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021” diterima, sedangkan hipotesis nol (Ho) yang berbunyi “Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021” ditolak.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 4 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 4 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Ricky Arianto Lukas
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakKahoot merupakan salah satu media pembelajaran online yang berisikan kuis dan gameyang interaktif dan menarik. Kahoot dapat diartikan juga sebagai media pembelajaran interaktif, halini karena Kahoot dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar seperti mengadakan pre-test,post-test, dan latihan soal, penguatan materi, remedial, pengayaan dan lainnya. Penelitian inidilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot terhadaphasil belajar peserta didik kelas X di SMKN 4 Palangka Raya pada tahun pelajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalampenelitian ini adalah 63 peserta didik kelas X di SMKN 4 Palangka Raya pada tahun pelajaran2020/2021. Penelitian ini menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu angket. Teknikanalisis data yang digunakan adalah uji regresi linier.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikanpenggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot terhadap hasil belajar peserta didik kelas X diSMKN 4 Palangka Raya pada tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan hargakoefisien determinasi (R Square) sebesar 27,1%, Nilai probabilitas yang lebih kecil dari 5% yaitu0,000 < 0,05 dan diperoleh persamaan regresi sederhana Y = 61,180 + 0,344 X, yang artinya jika Xditingkatkan satu satuan maka Y akan naik sebesar 0,344. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baikpenggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot maka semakin tinggi hasil belajarnya dan begitupula sebaliknya semakin kurang baik penggunaan media pembelajaran interaktif Kahoot maka akansemakin rendah hasil belajarnya.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI POWTOON TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020: Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya Tahun Pelajaran 2019/2020
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap prestasi belajar peserta didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian populasi ini diaksanakan di SMK Karsa Mulya Palangka Raya, Kalimantan Tengah dengan sampel 68 siswa kelas XI Multimedia. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang bertujuan menggambarkan secara sistematis dan faktual dengan fakta – fakta dengan cara mengumpulkan data, mengolah, menganalisis, dan menginterprestasi data dalam pengujian hipotesis statistik. Variabel Bebas (X) adalah pengaruh media pembelajaran animasi powtoon sebagai media pembelajaran dan variabel terikat (Y) adalah prestasi belajar. Tekniik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Sederhana dan uji hipotesis penelitian. Hasil analisis diketahui bahwa: 1. hasil analisis regresi menunjukkan bahwa media pembelajaran animasi powtoon (Variabel X) memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik (Variabel Y). Hal tersebut dibuktikan dengan persamaan garis linear sederhana adalah ? = 7,011 + 1,703 X. Hal ini menunjukan bahwa nilai tidak hanya dipengaruhi oleh ? saja, tetapi ada faktor lain yang juga mempengaruhinya; 2. tingkat pengaruh antara media animasi powtoon dengan prestasi belajar siswa adalah sangat kuat yaitu 0, 982 dalam mempengaruhi prestasi belajar peserta didik; 3. berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung= 2,273 untuk X dan Y. Harga ini dikonsultasikan dengan dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel= 1,66515. Karena thitung> ttabel, maka Haditerima. Artinya: Ada pengaruh yang signifikasi antara Media Pembelajaran Animasi Powtoonterhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Multimedia SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun ajaran 2019/2020
PENGARUH APLIKASI RUANG GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMPN 1 MANTIAT PARI KABUPATEN MURUNG RAYA SEMESTER DUA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Erwinda
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKAplikasi Ruangguru ini lebih dari sekedar game dan menjadi sosialitadunia maya, namun penuh dengan edukasi, informasi dan hiburan kini hadir menjadibagian dari media online dalam bidang pendidikan. Tujuan hadirnya Ruanggurumemberi harapan agar siswa bisa semangat dalam belajar dan dalam peningkatanprestasi juga untuk memberikan cara belajar yang asik dan kreatif sehingga dapatmeningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh aplikasi Ruangguru terhadap minat belajar siswa SMPN 1Mantiat Pari Kabupaten Murung Raya semester dua tahun pelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampelpenelitiannya adalah siswa kelas VII dan VIII SMPN 1 Mantiat Pari KabupatenMurung Raya semester dua tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 55 orang.Data didapatkan dari angket. Teknik analisis data menggunakan analisis analisisregresi sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh aplikasiRuangguru terhadap minat belajar siswa SMPN 1 Mantiat Pari Kabupaten MurungRaya semester dua tahun pelajaran 2020/2021. Hasil dari analisis regresi diperolehdiketahui nilai thitung = 3,655 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 13,358dengan tingkat signifikan / probablitas 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Haditerima, yang berarti bahwa variabel aplikasi Ruangguru (X) ada pengaruh yangpositif dan signifikan terhadap variabel minat belajar. Hasil koefisien determinasidiperoleh angka sebesar 20,1%, yang menandakan bahwa penggunaan aplikasiRuangguru mempengaruhi peningkatan minat belajar sebesar 20,1% dan 79,9%dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
PENGARUH IMPLEMENTASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 BASARANG KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021: PENGARUH IMPLEMENTASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMAN 1 BASARANG KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Wayan Narta Prenawa; Nani Setiawati; Beta centauri
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran, kemandirian sangat penting karena kemandirian merupakan sikap pribadi yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Dengan kemandirian, siswa cenderung belajar lebih baik, mampu memantau mengevaluasi, dan mengatur belajar secara efektif, menghemat waktu secara efisien, akan mampu mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berfikir dan bertindak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi kahoot sebagai media pembelajaran berbasis digital game based learning terhadap kemandirian belajar siswa SMAN 1 Basarang Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitiannya siswa kelas X SMAN 1 Basarang Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi kahoot terhadap kemandirian belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi rxy sebesar 0,538 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,340, dengan persamaan garis regresi Y = 0,808 X + 12,619 dan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 12,350>4,26 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif (koefisien determinasi) untuk variabel impelentasi kahoot sebagai media pembelajaran berbasis digital game based learning sebesar 34% terhadap kemandirian belajar siswa SMAN 1 Basarang Kabupaten Kapuas tahun pelajaran 2020/2021.
HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021: HUBUNGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA PADA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Alpandri Anto; Isna Fauziah; Hendriyono
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend)
Publisher : FKIP Palangka Raya University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan hubungan pembelajaran berbasis perpustakaan dengan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Palangka Raya, seberapa besar kontribusi yang diberikan, dan apakah hal tersebut memiliki hubungan yang positif atau tidak. Penelitian ini bersifat desktiptif analistis dengan populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X di SMK Negeri 4 Palangka Raya. Penelitian ini mempunyai dua variabel yaitu variabel bebas pembelajaran berbasis perpustakaan dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik pengumpualn data melalui angket dan dokumentasi yang diolah untuk diambil kesimpulan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis perpustakaan sekolah (X) ada hubungan yang positif terhadap variabel prestasi belajar (Y). Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis kolerasi product moment sebesar 0,427 dibandingkan dengan rtabel tingkat signifikan 5% N = 97 sebesar 0,202. Jadi rhitung lebih besar dari rtabel, maka dapat ditarik bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.

Page 1 of 4 | Total Record : 38