Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan (Jtekpend)

HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022: HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIK COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022HUBUNGAN PROSES PEMBELAJARAN ONLINE PAD

Marina Esther Joitha marina (Universitas Palangka Raya)
Winda Lestiani (Universitas Palangka Raya)
Isna Fauziah (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan Proses Pembelajaran Online Pada Masa Pandemik Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuatitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI Busana 1 dan XI Busana SMK Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 64 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data mengunakan uji korelasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa koefisien korelasi antara variabel X dan variable Y (proses pembelajaran online pada masa pandemik covid-19 dan hasil belajar peserta didik) dari hasil analisis korelasi memberikan hasil rhitung sebesar 0.452 > dari rtabel sebesar 0,242, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran online pada masa pandemik covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Palangka Raya. Adapun besaran sumbangan yang diberikan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 20.4%, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online pada masa pandemik covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 20.4%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtekpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. ...