Prosiding Seri Seminar Nasional
Vol. 1 No. 1 (2021): PROSIDING SERINA III 2021

PENGARUH ONLINE TRUST, FINANCIAL VALUE, PERCEIVED RISK, TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PENGGUMA MEDIA SOSIAL DI JAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19

I Gede Adiputra (Universitas Tarumanagara)
Herman Ruslim (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

At this time the Trading industry is experiencing a decline in purchases as a result of the COVID-19 pandemic that has occurred throughout the world. The purpose of this study is to determine whether 1) Online Trust has an effect on consumer purchase intention on Facebook social media users in Jakarta. 2) Financial Value has an effect on consumer purchase intention on Facebook Social Media users in Jakarta. 3) Perceived Risk has an effect on consumer purchase intention on Facebook Social Media users in Jakarta. The sample selected using the convenience sampling method with a total sample of 155 respondents to consumers in Jakarta who have transacted online purchases through social media facebook. Data analysis using Smart PLS.11 software. The results of this study are online trust has a positive and significant influence on purchase intention, as well as Perceived risk has a positive and significant influence on purchase intention, and financial value is a positive and significant influence on purchase intention. Pada saat ini industri Perdagangan sedang mengalami penurun pembelian akibat dari pandemic covid 19 yang terjadi pada seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah 1) Online Trust berpengaruh terhadap purchase intention konsumen pada pengguma Media Sosial Facebook di Jakarta. 2) Financial Value berpengaruh terhadap purchase intention konsumen pada pengguma Media Sosial Facebook di Jakarta. 3) Perceived Risk berpengaruh terhadap purchase intention konsumen pada pengguma Media Sosial Facebook di Jakarta. Sampel yang dipilih dengan menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 sampel responden pada konsumen di Jakarta yang pernah bertransaksi pembelian online melalui media sosisl facebook. Analisis data menggunakan perangkat lunak Smart PLS.11. Adapun hasil penelitian ini adalam Online trust memberikan pengaruh yang positif dan siginifkan terhadap purchase intention, begitu pula Perceived risk memberikan pengaruh yang positif dan siginifkan terhadap purchase intention, serta Financial value merupakan pengaruh yang positif dan siginifkan terhadap purchase intention

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PSERINA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Prosiding SERINA merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen, Mahasiswa, maupun Praktisi dan telah didesiminasikan Pada Seri Seminar Nasional (SERINA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ...