Prosiding Seri Seminar Nasional
Vol. 2 No. 1 (2022): PROSIDING SERINA IV 2022

ANALISIS PENGARUH ETHICAL MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE, SERVQUAL, TERHADAP CUSTOMER TRUST, CUSTOMER ENGAGEMENT, CUSTOMER LOYALTY UMKM ONLINE

Maria Mia Kristanti (Jurusan Manajemen, Fakultas Bisnis, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Membangun loyalitas pelanggan yang kuat semakin penting untuk perusahaan di lingkungan bisnis online yang saat ini berubah dengan cepat. Studi menunjukkan bahwa perusahaan harus menginformasikan pesan merek mereka dengan mempertimbangkan dampak sosial serta lingkungan dalam memasarkan produknya kepada konsumen, mengingat masyarakat modern menuntut perusahaan untuk bertanggung jawab dan beretika penuh dalam aktivitas bisnis online mereka.Tujuan studi adalah untuk menggarisbawahi pengaruh Ethical Marketing, Customer Experience, SERVQUAL, terhadap Customer Trust, Customer Engagement, dan Customer Loyalty sebagai strategi perlindungan hak pelanggan. Disain penelitian kuantitatif kausalitas, dengan Structural Equation Modeling (SEM), serta instrumen kuesioner pada 550 purposive sampling responden, dianalisa dengan serangkaian uji statistk menggunakan SPSS dan LISREL. Hasil penelitian menunjukan Ethical Marketing, dan SERVQUAL berpengaruh tinggi terhadap Customer Trust, diikuti dengan pengaruh Customer Engagament terhadap Customer Loyalty.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PSERINA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Prosiding SERINA merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen, Mahasiswa, maupun Praktisi dan telah didesiminasikan Pada Seri Seminar Nasional (SERINA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ...