Jurnal Dialog
Vol 3 No 1 (2017): Vol. 3, No. 1, Juni, 2017

SOSIALISASI BUSANA HIJAB DALAM MEMBENTUK CITRA DIRI (STUDI FENOMENO LOGI HIJABERS COMMUNITY BANDUNG)

Lusiana Muhasan (Universitas Langlang Buana)
Dina Alamianti (Universitas Langlang Buana)
Dudi Yudhakusuma (Universitas Langlang Buana)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai gaya hidup wanita yang tergabung dalam komunitas Hijabers Bandung sebagai icon fashion muslim. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami dan menganalisis bagaimana gaya hidup wanita muslimah yang tergabung di dalam Hijabers Bandung dan untuk memahami bagaimana wanita yang tergabung dalam komunitas ini memaknai apa yang mereka lakukan dalam komunitas hijabers. Berpakaian menurut Islam tidak hanya sebagai kebutuhan dasar yang harus di penuhi setiap orang, tetapi berpakaian sebagai ibadah untuk mendapatkan ridha Allah. Ada tidanya motivasi di dalam diri untuk memakai hijab harus di paksakan untuk menjalani kewajiban sebagai wanita balig. Akulturasi pada wujud budaya berupa kreasi hija b di Indonesia melahirkan keindahan -keindahan dan nilai estetika pada busana muslim di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif denagn pendekatan fenomenologi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Dialog, Univeristas Langlang Buana, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana. Terbit Bulan Juni dan Bulan ...