Jurnal Dialog
Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018

PROSES NEGOSIASI PADA PENGAJUAN KREDIT BANK (STUDI KASUS DI BAGIAN KREDIT TANPA AGUNAN PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN TBK KCU SU DIRMAN BANDUNG)

Dhea Sindy Mustikasari (Universitas Langlang Buana)
Lusy Mukhlisiana (Universitas Langlang Buana)
Firman Alamsyah Taufik Robbi (Universitas Langlang Buana)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses negosiasi pada pengajuan kredit bank. Studi Kasus Di Bagian Kredit Tanpa Agunan PT.Bank Nusantara Parahyangan KC U Sudirman Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme dan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah kepala divisi counselling dan nasabah yang ditentukan secara purposive berdasarkan permasalahan pengajuan kredit bank. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi l iterature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil temuan dalam penelitian ini proses negosiasi bukanlah proses sesaat kemudian dapat dengan segera diperoleh hasilnya. Didalam proses negosiasi umpan balik pelaksanaan kredit itu sendiri terdapat hasil yang tidak sesuai dengan kesadaran dan kondisi keuangan nasabah. Sehingga terjadi kredit macet, dimana terdapat nasabah yang menunggak tidak bisa membayar angsurannya sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Dialog, Univeristas Langlang Buana, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana. Terbit Bulan Juni dan Bulan ...