Jurnal Dialog
Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4, No. 2, Desember, 2018

POLA KOMUNIKASI DALAM BENTUK FANATISME DI MEDIA SOSIAL TWITTER (STUDI ETNOGRAFI VIRTUAL PADA PENGIKUT AKUN @AIS_BDG DI BANDUNG)

Dian Nurdiansyah (Universitas Langlang Buana)
Rannie Dyah Khatamisari Rachaju (Universitas Langlang Buana)
Dina Alamianti (Universitas Langlang Buana)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Dalam Bentuk Fanatisme Pengikut Akun Twitter @AIS_BDG Di Media Sosial Twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan pe nelitian studi etnografi virtual. Objek penelitian adalah pengikut akun twitter @AIS_BDG yang ditentukan secara purposive berdasarkan pertimbangan peneliti dengan tujuan tertentu. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam komunikasi di media sosial twitter pengikut akun @AIS_BD G melakukan pola komunikasi sirkular dimana interaktivitas dilakukan oleh mereka. Perilaku komunikasi fanatisme yang ditunjukkan adalah dengan mencari informasi, berkomentar dan berdiskusi, maupun membagikan ulang informasi. Selain menunjukkan perilaku fanatisme di media sosial mereka juga menunjukkan perilaku fanatisme di dunia nyata dengan mengikuti kegiatan komunitas AIS Bandung.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Dialog, Univeristas Langlang Buana, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana. Terbit Bulan Juni dan Bulan ...