Jurnal Dialog
Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4, No. 2, Desember, 2018

POLA KOMUNIKASI KELUARGA DALAM PERKEMBANGAN EMOSI ANAK (STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA KELUARGA DI BANDUNG)

Sri Lestari (Universitas Langlang Buana)
Eki Baihaki (Universitas Langlang Buana)
Firman Alamsyah Taufik Robbi (Universitas Langlang Buana)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Peran keluarga menjadi pengaruh penting dalam pembentukan karakter anak, salah satu input pendidikan bagi anak adalah cara komunikasi keluarga pada putra-putrinya. Fokus penelitian adalah pola komunikasi keluarga dalam perkembangan emosi anak. Fokus penelitian adalah pola komunikasi keluarga dalam perkembangan emosi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi orangtua kepada anak, peran keluarga dalam mendidik anak, dan kecerdasan emosi anak dibentuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma konstruktivisme, sehingga studi yang digunakan adalah interaksi simbolik. Subjek penelitian ini adalah keluarga di Bandu ng. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, sedangkan observasi terlibat, dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur lainnya digunakan sebagai data penunjang. Penelitian ini menunjukkan bahwa tiap keluarga dan orangtua memiliki v ersi yang berbeda-beda dalam berkomunikasi dengan anaknya. Keluarga merupakan forum pendidikan yang pertama bagi anak. Orangtua menjadi role model anak, juga sebagai alat control terhadap putra -putrinya, dimana ada sebuah proses memilah, menilai, mengimbangi. Perlakuan orangtua yang matang secara akademis, non akademis, dan emosional penting dalam tumbuh kembang emosi, tingkah laku, dan aktualisasi diri anak terutama dalam membentuk kepribadian dan kecerdasan emosinya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

dialog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Dialog, Univeristas Langlang Buana, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana. Terbit Bulan Juni dan Bulan ...