Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 18 No. 1 (2022): JBK-Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

Perancangan Desain Kemasan Inovatif dan Berdaya Saing Untuk Produk Tape Ketan ”Rasa Manis” Sebagai Media Promosi

Nono Wibisono (Politeknik Negeri Bandung)
Lina Setiawati (Politeknik Negeri Bandung)
Carolina Magdalena Lasambouw (Politeknik Negeri Bandung)
Riauli Susilawati Hutapea (Politeknik Negeri Bandung)
Rosma Pakpahan (Politeknik Negeri Bandung)
Sulistia Suwondo (Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Kemasan mempunyai peranan yang sangat strategis dan penting karena akan mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian. Salah satu makanan olahan khas Kuningan yaitu tape ketan. Tape ketan banyak digemari masayarakat Indonesia karena identik dengan beras ketan yang diolah dengan ragi dan dibungkus dengan daun jambu air yang memberikan rasa manis khasnya. Tape ketan biasanya sering dijumpai di pusat oleh-oleh Khas Kuningan. Dengan sistem pengemasan yang tergolong belum inovatif, dibutuhkan kemasan yang mampu mengamankan produk selama proses produksi hingga sampai ditangan konsumen. Oleh karena itu, produsen membutuhkan kemasan yang mampu memberikan identitas, inovatif, dan menjaga kemanan produknya selama proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membuat kemasan yang inovatif perlu diperhatikan beberapa hal yaitu; bahan kemasan, pengunaan kata-kata, logo yang sesuai, tata letak, gambar dan warna, serta estetika. Dengan adanya inovasi kemasan produk yang menarik untuk pangan dan berdaya saing akan membantu program pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Topics covered include: Government policy on entrepreneurship Entrepreneurship in ethnic enclaves Self-employment among immigrants Entrepreneurship among minority groups Indigenous entrepreneurship Gender and entrepreneurship Entrepreneurship in developing and transitional countries Entrepreneurship ...