Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 6 No. 1 (2021): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Workshop Pendidikan Karakter Guru Pembelajar Dengan Pendekatan Pedagogik Kritis

Pupun Nuryani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Teguh Ibrahim (Universitas Pendidikan Indonesia)
Winda Marlina Juwita (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Program pengabdian pada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keraguan yang dirasakan guru SD kota Bandung pada program Guru Pembelajar Online (GPO) yang hanya tertuju pada penguasaan materi untuk pencapaian uji kompetensi guru (UKG). Tujuan dari program ini adalah memberikan edukasi kepada guru SD kota Bandung dalam upaya membangun karakter pembelajar dengan menggunakan pendekatan pedagogik kritis. Karakter pembelajar pada program ini memiliki tiga indikator yaitu 1) kuriositas epistemik, 2) efikasi diri, 3) kesadaran kritis, 4) keterampilan dan kemandirian belajar. Metode yang digunakan pada program pengabdian ini adalah dengan pendidikan msayrakat yang dilakukan secara kolaboratif, caranya yaitu dengan menyelenggerakan workshop pendidikan dan dilanjutkan dengan pendampingan secara intensif karakter pembelajar guru sekola dasar di kota Bandung. Kegiatan workshop pendidikan dilaksanakan selama satu hari yaitu pada tanggal 09 Juli 2019 bertempat di gedung Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan SD di kota Bandung dengan jumlah peserta mencapai 100 orang yang terdiri dari 50 guru SD dan 50 mahasiswa jurusan ke-pendidikan. Hasil dari program pengabdian ini terbangunnya paradigma berpikir bagi peserta workshop yang terkait pada tiga hal yaitu : 1) Pentingnya praktek refleksi bagi guru; 2) paradigm belajar dalam perspektif pedagogik kritis; 3) strategi membangun karakter pembelajar. Signifikansi program pengabdian ini adalah membangun sinergi dengan kebijakan pemerintah yang menginginkan adanya peningkatan kompetensi guru sebagai pembelajar sejati yang terus belajar sepanjang hayat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...