Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Ekologis Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Ekopedagogik di Sekolah Dasar

Budi Hendrawan (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Mohammad Fahmi Nugraha (Prodi PGSD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Fajar Nugraha (Prodi PG PAUD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesadaran ekologis siswa pada pembelajaran ekopedagogik di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yang digunakan untuk memetakan factor-faktor yang dapat mempengaruhi kesadaran ekologis siswa melalui pembelajaran berbasis Ekopedagogik di Sekolah Dasar. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan factor-faktor dapat mempengaruhi kesadaran ekologis siswa diantaranya adalah dihapuskannya mata pelajaran PLH pada kurikulum 2013, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran PLH di Sekolah Dasar diantaranya lahan hijau di sekolah khususnya di sekolah perkotaan, kurangnya alat dan media pembelajaran, kurangnya sumber belajar PLH baik dari aspek pendidik maupun sumber belajar berupa buku pelajaran tentang ekopedagogik, kurang strategi atau metode dalam pelaksanaan pembelajaran ekopedagogik di Sekolah Dasar, tidak adanya role model atau contoh dalam kehidupan sehari-hari siswa dalam pelestarian lingkungan, dan kurang rasa peduli siswa terhadap lingkungan sekitar. Maka, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada beberapa factor yang mempengaruhi kesadaran ekologis siswa dalam pembelajaran ekopedagogi yang utama adalah Kebijakan landasar pembelajaran PLH di kurikulum, Sarana dan Prasarana pembelajaran, Sikap Siswa terhadap Pembelajaran PLH dan media, alat, Metode pembelajaran PLH.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...