Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2b (2021): Vol. 5 No. 2b (2021): Edisi 2nd Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada) Per

Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Kedisiplinan di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning

Muhammad Ragil Kurniawan (Universitas Ahmad Dahlan)
Sugeng Rianto (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Era digital sudah merambah di berbagai lini kehidupan oleh karenanya pendidikan juga layak untuk melakukan akselerasi pengembangan inovasi pembelajaran berbasisi internet dengan mengutamakan pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis konten. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: a) Bagaimana ragam fasilitas e-learning yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar, b) Bagaimana ragam aktifitas penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar yang dapat dimasukkan dalam berbagai fasilitas yang ada dalam e-learning. c) Apa saja ragam nilai-nilai karakter kedisiplinan yang dapat diimplementasikan dalam e-learning Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten. Objek penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran berbasis learning managemen system (LMS) google classroom dan edmodo. Metode pengambilan data yang digunakan adalah dokumentasi dan instrument analisis kritis. Sumber data berupa hasil hasil analisis dan hasil FGD dengan para ahli. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan data kualitatif. Terdapat banyak kesmaan menu pada LMS GC dan Edmodo. Beberapa menu yang terdapat di kedua LMS tersebut adalah menu pemberian materi, menu penugasan, kuis, serta fasilitas diskusi.  Berdasarkan ragam fasilitas e-learning untuk penguatan pendidikan karakter ini dapat disimpulkan bahwa terdapat dua karakter utama penguatan pendidikan karakter kedisiplinan melalui pembelajaran berbasis elearning. Pertama melalui menu atau fasilitas yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi tentang kedisiplinan. materi dalam hal ini dapat berupa penjelasan maupun cerita atau kisah. Jenis kedua berupa praktik pembiasaan kedisiplinan. pada jenis kedua ini siswa tidak lagi diminta untuk menguasai teori namun sudah pada aspek mempraktikkan dan melakukan pembiasaan. Berdasarkan hasil pemetaan bahwa minimal terdapat empat nilai karakter kedisiplinan yang di dapat dikuatkan saat mengguakan sistem e-learning atau pembelajaran jarak jauh. Keempat karakter kedisiplinan tersebu ialah disiplin wartu, disiplin menegakkan aturan, disiplin sikap serta disiplin belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...