Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA DISPOSISI MATEMATIS

Rifaatul Mahmuzah (Universitas Malikussaleh)
Aklimawati Aklimawati (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif matematis, tetapi juga mengembangkan ranah afektif. Aspek penting dalam ranah afektif yang sangat mempengaruhi keberhasilan belajar matematika adalah pandangan positif siswa terhadap matematika atau disebut dengan disposisi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen berupa angket atau skala disposisi matematis yang valid dan reliabel. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Banda aceh tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang memiliki lima tahapan yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan revisi, dan fase implementasi. Skala disposisi matematis yang dihasilkan berupa 40 butir pernyataan yang dikembangkan berdasarkan tujuh indikator disposisi matematis.  Validitas isi dilakukan oleh  3 orang ahli/validator. Sedangkan untuk validitas butir, diolah menggunakan teknik korelasi product momen dan uji t. Hasil pengolahan data, diperoleh 39 pernyataan valid dan satu pernyataan yang tidak valid. Hasil uji reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.92 atau memilki reliabilitas yang tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa skala disposisi matematis memenuhi karakteristik yang memadai untuk digunakan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...