Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol 2, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Wulan Ndari (Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh)
Maryana Maryana (Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh)
Yeni Listiana (Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu 1) Analysis, 2) Desain, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi LKS dan lembar angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data uji ahli materi dan ahli media serta data angket respon siswa. Uji coba produk dilaksanakan di kelas VII MTsN 2 Aceh Utara. Data hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli media 95,84% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi 84,73% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan LKS kelompok kecil 84,17% dengan kategori praktis, dan hasil kepraktisan LKS kelompok besar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Sehingga diperoleh LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi aritmatika sosial yang valid dan praktis. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Aritmatika Sosial

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...