Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu 1) Analysis, 2) Desain, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar validasi LKS dan lembar angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data uji ahli materi dan ahli media serta data angket respon siswa. Uji coba produk dilaksanakan di kelas VII MTsN 2 Aceh Utara. Data hasil penelitian diperoleh hasil validasi ahli media 95,84% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi ahli materi 84,73% dengan kategori valid. Hasil kepraktisan LKS kelompok kecil 84,17% dengan kategori praktis, dan hasil kepraktisan LKS kelompok besar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Sehingga diperoleh LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi aritmatika sosial yang valid dan praktis. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Inkuiri Terbimbing, Aritmatika Sosial
Copyrights © 2022