Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII MTsN 2 ACEH UTARA

Rosfarianti Rosfarianti (Malikussaleh University)
Rohantizani Rohantizani (Universitas Malikussaleh)
Muliana Muliana (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Utara tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIF yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...