Rahmatan Lil’alamin Journal of Community Services (RLA)
Volume 2 Issue 1, 2022

Pengenalan Teknologi Multimedia Melalui Pelatihan Pembuatan Gim Edukasi Storytelling

Galang Prihadi Mahardhika (Program Studi Informatika Program Sarjana, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Sheila Nurul Huda (Program Studi Informatika Program Sarjana, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)
Septia Rani (Program Studi Informatika Program Sarjana, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Teknologi multimedia merupakan teknologi yang telah digunakan pada hampir seluruh sektor di era digital. Untuk menghasilkan artefak-artefak multimedia yang berkualitas, salah satunya diperlukan keahlian dalam bidang desain. MAN 4 Sleman memiliki kelas keterampilan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang mengajarkan siswa untuk membuat berbagai desain digital, seperti desain stiker, mug, dan lain-lain. Hal ini sejalan dengan keilmuan kelompok klaster Multimedia dan Visi Komputer di Program Studi Informatika - Program Sarjana, Universitas Islam Indonesia. Keterkaitan ini mendorong klaster Multimedia dan Visi Komputer untuk turut mendukung kelas keterampilan DKV di MAN 4 Sleman dalam mengembangkan kreativitas melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam bentuk pelatihan yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu pengenalan teknologi multimedia, pengembangan aset multimedia, dan pemanfaatan aset multimedia. Hasil akhir dari pelatihan tersebut adalah sebuah aplikasi gim storytelling. Hasil evaluasi melalui testimoni peserta dan guru menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini berjalan dengan menyenangkan dan memberikan pengalaman baru bagi siswa. Kreativitas kelompok dan individual diasah melalui sesi kelompok (penyusunan alur cerita) dan sesi individual (pengembangan aset multimedia).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

rla

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Rahmatan Lil’alamin Journal of Community Services [RLA] is published by Department of Accounting, Faculty of Business and Economics, Universitas Islam Indonesia. The journal is published two times in each year on May and November. This journal publishes various articles on activities and impacts ...