Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018

Penerapan Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbahan Ajar Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Mata Pelajaran Kalkulus II

Muhamad Soeleman (Universitas Suryakancana Cianjur)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Mayoritas mahasiswa menganggap bahwa mata kuliah kalkulus II sulit untuk dinalar. Oleh karena itu perlu suatu model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika mahasiswa. Selain menerapkan model yang cocok yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD), dipersiapkan pula bahan ajar yang berbasis multimedia yaitu Software GeoGebra. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini, subjeknya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana Cianjur tingkat 2 tahun akademik 2015-2016. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis (tes uraian kemampuan penalaran matematis) dan angket skala sikap. Hasil pada penelitian ini yaitu : 1) Mahasiswa yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbahan ajar GeoGebra memiliki kemampuan penalaran matematis lebih baik daripada pembelajaran konvensional; 2) Sikap mahasiswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) berbahan ajar GeoGebra sebagian besar bersikap positif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpmj

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, ...