Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 7 TAKENGON PADA MATERI STATISTIKA

Khairul Asri (Universitas Serambi Mekkah)
Fithri Angelia Permana (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan siswaSMA Negeri 7 Takengon untuk komunikasi matematis dengan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian inidilaksanakan di SMA Negeri 7 Takengon pada siswa kelas XI1 sebagai kelas eksperimen dan kelasXI2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa. Teknikpengolahan data dianalisis dengan statistik kuantitatif menggunakan bantuan SPSS 17.0.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswayang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuankomunikasi matematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan keseluruhansiswa (0,00 0,05), peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperolehpembelajaran dengan kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada kemampuan komunikasimatematis siswa dengan pembelajaran biasa (konvensional) berdasarkan pengelompokkan siswa[tinggi (0,001 0,05), sedang (0,0005 0,05), rendah (0,005 0,05)]. Tidak terdapat interaksiantara penerapan pembelajaran dan pengelompokkan siswa terhadap kemampuan komunikasimatematis siswa, dikarenakan kelompok tidak memberikan hasil yang berbeda terhadappeningkatan kemampuan komunikasi (0,701 0,05).

Copyrights © 2017