Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

MODEL PENGEMBANGAN MANAJEMEN KONFLIK BERBASIS SEKOLAH

Muchsin Muchsin (Universitas Serambi Mekkah)
Hambali Hambali (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengenali apakah penyebab terjadinya konflik dalam lingkungansekolah, bagaimanakah gaya dan teknik manajemen konflik di sekolah dan apakah pendekatandalam manajemen konflik dalam lingkungan sekolah. Konflik merupakan proses pertentanganyang diekpresikan antara dua pihak atau lebih yang saling ketergantungan mengenai suatu objek.Konflik sangat berpengaruh bagi seluruh komponen yang ada di sekolah oleh karena itu pimpinan dan guru harus menguasai manajemen konflik agar konflik yang muncul dapatberdampak positif untuk peningkatan mutu sekolah. Selanjutnya, penulis ingin mengembangkanmodel manajemen konflik berbasis sekolah dimana model ini adalah teknik-teknik resolusi danstimulasi agar menghasilkan resolusi yang diinginkan terutama untuk pengembangan ModelManajemen Konflik Berbasis Sekolah yang difokuskan untuk melahirkan sebuah rumusaninstrumen yang valid dan reliable serta menitikberatkan pada perumusan pengembangan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah.

Copyrights © 2017