Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

PERAN GURU MATEMATIKA SMA DI BANDA ACEH DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

Fithri Angelia Permana (Universitas Serambi Mekkah)
Khairul Asri (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan harus diiringi denganperubahan kebijakan. Harus dimulai dari sekarang untuk bertindak, diantaranya memberiinformasi kepada guru yang nantinya akan diteruskan kepada siswa melalui pendidikan tentangpersaingan MEA yang sedang berlaku. kualitas pengetahuan yang dimiliki guru di kota BandaAceh masih sangat minim hal ini dibuktikan secara tidak langsung dari hasil UN siswa di Aceh2007-2014 yang masih rendah dari rata-rata Nasional dan hasil UKG 2015. Banyak upaya yangdilakukan Pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di kota Banda Aceh terutama gurumatematika SMA tetapi belum menjurus khusus untuk menghadapi MEA yang telah berlaku mulai 1Januari 2016 lalu. Belum ada pemetaan peran guru yang jelas sehingga bisa dipakai untukmenentukan kebijakan yang tepat. Selain peran guru dalam pembelajaran untuk menghasilkansiswa yang mampu bersaing, kemampuan guru juga harus ditingkatkan agar mampu bersaing.Karena, baik guru maupun siswa memiliki tanggung jawab yang lebih berat. Mereka tidak sekedarmengajar dan belajar mencapai target UN tetapi juga harus memiliki bekal untuk bersaing. dalampenelitian tahun ke-I ini tujuan penelitian adalah mengidentifikasi persepsi, sikap, dan peran guruterhadap pemberlakuan MEA serta mengadakan sosialisasi tentang MEA untuk 100 gurumatematika SMA di Banda Aceh. Hasil yang dicapai adalah bahwa guru matematika SMA diBanda Aceh belum semuanya mengetahui tentang MEA dan tidak memiliki strategi khusus dalammenghadapi MEA baik untuk dirinya maupun untuk siswa. 

Copyrights © 2017