BISMA Cendekia
Vol. 2 No. 2 (2022): BISMA Cendekia - Januari 2022

Relationship dan Syariah Marketing terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening : (Studi Kasus Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad)

Muhammad Dimas Wardoyo (a:1:{s:5:"en_US"
s:23:"Politeknik Negeri Medan"
})

Zulhendry Zulhendry (Politeknik Negeri Medan)
Ismi Affandi (Politeknik Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Industri perbankan syariah merupakan salah satu sektor bisnis yang mengalami pertumbuhan positif ditengah hantaman fenomena pandemi covid-19. Permasalahan yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi perusahaan industri perbankan syariah saat ini yaitu membentuk nasabah loyal. Kecenderungan nasabah loyal di PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad bukan didasari oleh kepuasan, melainkan faktor diluar dari kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh seluruh variabel independen terhadap variabel dependen melalui variabel intervening. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah PT Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan Ringroad dengan sampel yang diambil sebanyak 97 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, relationship marketing menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, kepuasan nasabah tidak dapat memediasi pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah tidak dapat memediasi pengaruh syariah marketing terhadap loyalitas nasabah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope An objective of the BISMA Cendekia Journal is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The BISMA Cendekia is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of business ...