BISMA Cendekia
Vol. 2 No. 2 (2022): BISMA Cendekia - Januari 2022

Syariah Marketing, Kemudahan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah: (Studi Kasus PT Pegadaian Cabang Pembantu Syariah Setia Budi Medan)

Chelsea Delviera Damanik (a:1:{s:5:"en_US"
s:23:"Politeknik Negeri Medan"
})

Ismi Affandi (Politeknik Negeri Medan)
Diena Fadhilah (Politeknik Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan variabel syariah marketing, kemudahan dan citra perusahaan terhadap kepuasan nasabah PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Setia Budi Medan. Metode pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada Nasabah Rahn PT Pegadaian Kantor Cabang Syariah Setia Budi Medan dengan sampel yang diambil sebanyak 76 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Uji Hipotesis syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, kemudahan menunjukkan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,340, dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031, kemudian untuk uji simultan seluruh variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dengan nilai signifikansi Fhitung sebesar 17.512 > Ftabel (2,73) dengan tingkat signifikan 0,000. Koefisien determinasi sebesar 42,2%, sedangkan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang diteliti.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope An objective of the BISMA Cendekia Journal is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The BISMA Cendekia is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of business ...