JMM UNRAM (Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram)
Vol. 11 No. 3 (2022): JMM Agustus 2022

PENGARUH GCG DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2019: PENGARUH GCG DAN PENGUNGKAPAN CSR TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2019

Made Suidarma (Universitas Pendidikan Nasional)
Arischa Bellanie Adryas (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

Perusahaan harus mampu menciptakan rekam jejak yang baik untuk dapat melanjutkan persaingan di pasar global. Sebuah laporan keuangan yang dimiliki perusahaan akan berdampak positif bagi perusahaan dalam upaya pembangunan perkembangan berkelanjutan suatu usaha. Tujuan dari studi ini adalah menguji hubungan antara GCG dan CSR dengan harga saham perusahaan minuman dan makanan yang terdaftar di BEI dari tahun 2016 hingga 2019. Survei ini mengambil sampel 64 perusahaan selama periode empat tahun dari 2016 hingga 2019. Terkait untuk regresi linier berganda adalah pendekatan analitis yang digunakan. Temuan studi menunjukkan bahwa GCG intrinsik dan CSR memiliki hubungan yang positif dan substansial jika dilihat secara parsial dan simultan untuk harga saham perusahaan. Variabel bebas pada penelitian ini mampu mempengaruhi 50,3% harga saham suatu perusahaan. Melihat hasil pengamatan tersebut, kedepannya diharapkan perusahaan mampu memperhatikan GCG dan CSR perusahaan yang akan berdampak baik bagi peningkatan harga saham diperusahaannya. Kata kunci : Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, Harga Saham

Copyrights © 2022