Banyak diantara perusahaan kecil seperti Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tidak memahami secara benar mengenai penentuan harga pokok produksi. Harga pokok produksi berpengaruh terhadap penentuan harga jual. Harga jual yang ditentukan harus dapat menutupi biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan agar perusahaan dapat memperoleh laba sesuai dengan yang diharapkan dan jauh dari ancaman kerugian bahkan kebangkrutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual soto mie bogor pada UD. Soto Mie Bogor Kang Oding, untuk mengetahui penentuan harga jual soto mie bogor menurut cost plus pricing dengan pendekatan full costing, dan juga untuk mengetahui perbandingan harga jual antar keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Analisis metode cost plus pricing digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk. Harga jual berdasarkan cost plus pricing ditentukan dengan menambah masa biaya yang akan datang dengan suatu persentase markup yang dihitung dengan rumus tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah harga jual menurut UD. Soto Mie Bogor Kang Oding adalah sebesar Rp 15.000,- mangkok/bungkus sedangkan harga jual menurut metode cost plus pricing melalui pendekatan full costing sebesar Rp 15.500,- mangkok/bungkus. Harga jual dalam perhitungan cost plus pricing menjadi lebih tinggi dibandingkan menurut UD. Soto Mie Bogor Kang Oding karena dalam perhitungannya memasukan seluruh unsur-unsur biaya sehingga menghasilkan laba yang sesungguhnya didapatkan oleh perusahaan.
Copyrights © 2022