Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 3 (2022): Vol. 2 No. 3 Edisi Agustus 2022

UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SUB TEMA 1 AKU DAN CITA-CITAKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING KELAS IV SD NEGERI 0202 PASAR BINANGA

Mara Judan Rambe (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
aprinasari fitritanjung (ipts)
Sartika Rati Asmara Nasution (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kreativitas belajar peserta didik sub tema 1 aku dan cita-citaku melalui penerapan model pembelajaran project based learning kelas IV SD Negeri 0202  Pasar Binanga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dan tes.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil observasi pembelajaran dimana pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 64.38 yakni berada pada kategori kurang.Sedangkan pada siklus II diperoleh skor sebesar 79.38 yakni berada pada kategori baik.artinya pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran PJBL telah dapat ditingkatkan dari pembelajaran siklus I.Nilai rata-rata hasil observasi kreativitas belajar mencapai kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 84.74. Hasil tes siklus I diketahui persentase ketuntasan sekitar 52.63%. Sedangkan pada tes siklus II diketahui persentase ketuntasan pada pembelajaran siklus II sebesar sekitar 84,21%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...