Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 3 (2022): Vol. 2 No. 3 Edisi Agustus 2022

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SD DARUL QUR’AN SRAGEN: HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING

Nurul Hidayah (UAD)
Siwi Purwanti (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah dan guru masih mengunakan metode ceramah, tanya jawab dan memberikan tugas. Terlihat pada hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV semester genap tahun ajaran 2018/2019 menunjukan nilai rata-rata masih banyak yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelajaran IPA melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV SD Darul Quran Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa peserta didik IV SD Darul Quran berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil ketuntasan nilai tes pratindakan dengan presentase 25,92%, nilai presentase pretes siklus I 29,62%, nilai presentase posttes siklus I 44,44%, pada siklus I ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM ≥ 70 yaitu 12 orang dan nilai ketuntasan presentase pretes pada siklus II yaitu 70,37% dan presentase posttest pada siklus II 92,59% pada siklus II ketuntasan mencapai KKM ≥ 70 yaitu 25 orang. Hasil rata-rata pada siklus I yaitu 65,92 dan siklus II yaitu 77,40. Sedangkan hasil dari presentasi observasi pada siklus I yaitu 79,41% dan pada siklus II 94,11% masing-masing siklus mencapai peningkatan. Kata kunci: model Snowball Throwing, hasil belajar, IPA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...