Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 3 (2022): Vol. 2 No. 3 Edisi Agustus 2022

ANALISIS SISWA YANG MENGALAMI FAKTOR PENGHAMBAT MINAT BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SDN 01 TAMANAN

afrizkagalih rizaldy (universitas bhinneka pgri)
Nugrananda Janattaka (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)
Nourma Oktaviarini (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Pandemi Covid 19 merubah sistem pembelajaran yang mana sebelumnya tatap muka berubah menjadi online atau daring. Pembelajaran daring yang dilaksanakan di SDN 1 Tamanan sudah cukup baik, namun masih terdapat siswa yang mengalami hambatan dalam minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan siswa yang mengalami faktor penghambat minat belajar di masa pandemi Covid-19 di SDN 1 Tamanan Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara untuk mengetahui siswa yang mengalami faktor penghambat minat belajar dimasa masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Tamanan. Penelitian ini menggunakan indikator faktor penghambat minat belajar siswa antara lain media belajar, jaringan internet, fasilitas pembelajaran, kualitas pembelajaran, dan orang tual. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 73% dari 100% siswa tidak mengalami hambatan, sisanya 27% mengalami hambatan. Dapat ditarik kesimpuilan bahwa siswa yang mengalami faktor penghambat minat belajar dimasa Pandemi Covid-19 termasuk dalam kategori rendah. Siswa mengalami hambatan diantaranya media pembelajaran dari guru yang kurang maksimal sehingga siswa sulit memahami, fasilitas pembelajaran masih milik orang tua siswa dan orang tua tidak sepenuhnya membantu anaknya selama proses pembelajaran berlangsung. The Covid-19 pandemic has changed the learning system from face-to-face to online. The online learning carried out at SDN 1 Tamanan is quite good, but there are still students who experience obstacles in learning interest. The purpose of this study was to analyze and describe students who experienced factors that hindered their interest in learning during the Covid-19 pandemic at SDN 1 Tamanan, Tulungagung Regency. This type of research is qualitative with a phenomenological approach, this data collection is carried out by observation, questionnaires, and interviews to find out students who experience factors that inhibit interest in learning during the Covid-19 pandemic at SDN 1 Tamanan. This study uses indicators of factors inhibiting student interest in learning, including learning media, internet networks, learning facilities, learning quality, and parents. The results of this study showed that 73% of 100% of students did not experience obstacles, the remaining 27% experienced obstacles. It can be concluded that students who experience factors that inhibit interest in learning during the Covid-19 pandemic are included in the low category. Students experience obstacles including learning media from teachers that are less than optimal so students find it difficult to understand, learning facilities are still owned by students' parents and parents do not fully help their children during the learning process.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...