Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 3 (2022): Vol. 2 No. 3 Edisi Agustus 2022

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF ANIMASI ZEPETO TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN II RINGINPITU

Elly Saputri Mustika Sari (Universitas Bhinneka PGRI)
Nourma Oktaviarini (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)
Eka Yuliana Sari (Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan media interaktif animasi zepeto terhadap kemampuan membaca permulaan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas 1A dan 1B SDN II Ringinpitu. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes lisan. Uji validitas dilakukan di kelas 2A SDN II Ringinpitu. Analisis statistik yang digunakan rumus Korelasi Produck Moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Semua perhitungan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS for Windows 22. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data. Dapat dilihat pada nilai rata-rata pretest siswa saat sebelum diberikan perlakuan sebesar 57 dan setelah diberikan perlakuan berupa media interaktif animasi zepeto meningkat sebesar 19 yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata posttest sebesar 76. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pemanfaatan media interaktif animasi zepeto terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN II Ringinpitu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...