EQIEN - JURNAL EKONOMI DAN BISNIS
Vol 11 No 1 (2022): EQIEN- JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

Model Pemilihan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bandung

Ragil Pardiyono (universitas jenderal achmad yani)
Hermita Dyah Puspita (Universitas Jenderal Achmad Yani)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bermula dari fenomena pada tahun 2020 terjadi ketimpangan antara jumlah lulusan Sekolah Menengan Atas dan Kejuruan di Indonesia dengan yang diterima perguruan tinggi negeri dengan sebanyak 2.403.489 siswa yang menjadi pasar potensial bagi perguruan tinggi swasta. Hal tersebut menjadi peluang besar untuk diperebutkan menjadi mahasiswa perguruan tinggi swasta. Maka tujuan penelitian ini akan mengidentifikasi hal-hal penting yang mendasari pemilihan perguruan tinggi swasta di Bandung Raya. Responden penelitian adalah mahasiswa perguruan tinggi swasta di Kota Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan model pemasaran marketing mix product, place, price, promotion, people, process, dan physical evidence. Hasil pengolahan data menyimpulkan bahwa variabel product, place, price, promotion, people, process, dan physical evidence secara bersama-sama maupun parsial berpengaruh terhadap pemilihan perguruan tinggi swasta. Hasil penelitian bermanfaat bagi perguruan tinggi swasta dalam menghadapi persaingan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OJS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal E-Qien adalah wadah informasi ilmiah bidang ilmu ekonomi dan bisnis, berupa hasil studi kepustakaan maupun studi empiris. Volume 6 Nomor 1 Bulan Februari Tahun 2019. Frekuensi terbitan 2 kali dalam ...