Jurnal Signal
Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL

KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN SISWA TUNAGRAHITA BERPRESTASI

Lina Angris Risopani (ARS University)
Femi Oktaviani (ARS University)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2020

Abstract

Anak tunagrahita mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Cara mereka berkomunikasi pun masih sangat rendah, terutama ketika mereka berada di lingkungan yang luas seperti lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi verbal dan nonverbal, proses instruksional, dan motivasi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi verbal yang digunakan berupa membaca dan mendengarkan, sementara komunikasi nonverbal berupa bahasa tubuh, komunikasi nonverbal memiliki fungsi aksentuasi karena bahasa tubuh mempertegas komunikasi verbal yang dilakukan guru. Proses instruksional mengunakan strategi ekspositori dan metode pembelajaran pengantara, metode pembelajaran drill, metode tanya jawab. Jenis motivasi yaitu motivasi ekstrinsik karena siswa tunagrahita mendapatkan dorongan dari luar dirinya.Kata kunci: Komunikasi, Instruksional, Tunagrahita

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Signal

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, ...