Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT)
Vol 1 No 2 (2019): Edisi Juni

PEMANFAATAN PRODUK PRELOVED UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING

Yani Supriani (Pendidikan Matematika, UNSERA)
Giyanti Giyanti (Pendidikan Matematika, UNSERA)
Usep Sholahudin (Pendidikan Matematika, UNSERA)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2018

Abstract

Pada saat sekarang ini, sudah banyak kita lihat pemanfaatan preloved atau barang bekas yang menghasilkan barang baru yang sangat memiliki nilai dan berdaya guna, hal inilah yang mendasari penulis menggunakan media produk preloved dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Serang pada materi pengukuran, sudut dan garis serta bangun datar. Dengan berbasis experiential learning yang menekankan pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga pada siswa, sehingga siswa mendapatkan pengalaman karena membuat sendiri media pembelajarannya, maka terlihat hasil pembelajaran siswa menunjukkan adanya peningkatan antara hasil pretes dengan hasil post-test. Sebelum pembelajaran experiential learning dengan pemanfaatan produk preloved rata – rata kemampuan awal matematis siswa sebesar 32,45 namun setelah pembelajaran experiential learning dengan pemanfaat produk preloved terdapat peningkatan rata – rata kemampuan justifikasi sebesar 42,31. Dengan demikian terdapatnya efektivitas yang posistif dalam pembelajaran matematika melalui pemanfaatan produk barang bekas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KUAT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) dengan P-ISSN 2684-8120, e-ISSN 2686-1143 merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini ...