cover
Contact Name
Taufik Raharjo
Contact Email
taufik.raharjo@pknstan.ac.id
Phone
+6281329643926
Journal Mail Official
taufik.raharjo@pknstan.ac.id
Editorial Address
Politeknik Keuangan Negara STAN Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15222
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT)
ISSN : 26848120     EISSN : 26861143     DOI : https://doi.org/10.31092/kuat.v3i1.1178
Jurnal Keuangan dan Akuntansi Terapan (KUAT) dengan P-ISSN 2684-8120, e-ISSN 2686-1143 merupakan jurnal nasional yang diterbitkan dua kali setahun pada bulan Maret dan November oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Keuangan Negara STAN. Jumlah artikel dalam jurnal ini minimal 10 artikel per tahun. Artikel yang dimuat meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berhubungan dengan dengan penerapan pengetahuan (Pertanian, Perikanan, Kelautan, Lingkungan Hidup, Manajemen Bencana, Kesehatan, Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sosial, dan Budaya, Teknologi Terapan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta Pendidikan) dalam memberdayakan masyarakat. Setiap artikel yang dikirim ke Editor, akan ditinjau dan diteliti oleh dewan editorial untuk kelayakan atau publikasi tanpa mengurangi substansi artikel. Semoga artikel dalam jurnal ini dapat memberikan kontribusi yang berharga bagi perkembangan iilmu pengetahuan di Indonesia dan juga internasional.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 99 Documents
“21 POINTS” (PUSAT OLEH-OLEH INOVASI TERPADU SALAK) : PROGRAM PENINGKATAN NILAI JUAL DAN VARIASI PRODUK BUAH SALAK DI KM 21 BALIKPAPAN Arum Prastiyo Putri; Winarni Winarni; Achmad Ghozali; Diky Herfandi; Aprian Dwi Prasetyo; Achmad Choerunna’im
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2661.884 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.455

Abstract

21 POINTS (Pusat Oleh-oleh dan Inovasi Terpadu Salak) adalah suatu program peningkatan nilai jual dan variasi produk buah salak di KM 21 Karang Joang Balikpapan. Tujuan program 21 POINTS adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat KM 21 dilakukan dengan meningkatkan nilai jual buah salak, mengedukasi masyarakat dengan pelatihan berbagai pengolahan variasi produk buah salak serta menjadikan KM 21 sebagai pusat oleh-oleh yang khas dan menjadi ikon ekonomi kreatif di Balikpapan yang menghasilkan berbagai variasi produk olahan salak. Program “21 POINTS” yang direncanakan merupakan upaya menciptakan masyarakat yang kreatif, unggul dan mandiri untuk masyarakat di KM 21. Output program 21 POINTS ini adalah teraksananya sosialisasi dengan masyarakat sasaran, sosialisasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait, terbentuknya komunitas masyarakat 21 POINTS, pelatihan pengolahan risols salak, rolls salak, manisan salak, asinan salak dan keripik salak serta packaging, pendampingan produksi pengolahan produk buah salak, publikasi kegiatan 21 POINTS melalui website, artikel, news, video profil dan media sosial (line dan Instagram), dan pemasaran produk 21 POINTS di 21 POINTS Store di KM 21 dan pemasaran keluar dari KM 21. Produk hasil olahan 21 POINTS adalah risols salak, rolls salak, manisan salak, asinan salak, dan keripik salak. Keberlanjutan program 21 POINTS berdasarkan dari segi inovasi produk yang terus dikembangkan dan divariasikan dengan tetap mementingkan rasa dari olahan buah salak. Olahan buah salak dikemas dengan packaging yang menarik, unik, kreatif dan inovatif. Potensi keberlanjutan program 21 POINTS adalah menjadikan Km 21 sebagai pusat oleh-oleh yang menjadi ciri khas di Kota Balikpapan dengan potensi dijadikan desa wisata buah salak sebagai desa wisata dan edukasi mengenai buah salak.
MENUMBUHKAN JIWA WIRASWASTA DENGAN MEMBANGUN USAHA OLAHAN MAKANAN NAGET UBI DAN KRIPIK PISAK PISANG Suhud Suhud; Amarul Amarul
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1079.496 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.456

Abstract

Salah satu wujud dari salah satu tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian mahasiswa dan dosen dalam mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di dunia akademik yang di laksanakan secara sistematik. Penggabungan dari beberapa disiplin ilmu yang bertujuan bisa mengatasi problema yang terjadi di masyarakat. Menumbuhkan jiwa wiraswasta kepada masyarakat dan membangun bisnis dengan konsep baru. Dengan melihat potensi yang ada di masyarakat maka pembuatan produk makanan olahan baru, merupakan bentuk usaha kelompok yang bergerak dibidang produksi makanan olahan, yang memanfaatkan hasil kebon yang selama ini dipasarkan langsung, kini menjadi produk olahan makanan yaitu Naget Ubi dan Kripik pisang sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat.
PELATIHAN PENYUSUNAN JOBSHEET MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/ INSTANSI PEMERINTAHAN BAGI TIM MGMP AKUNTANSI PROVINSI SUMATERA BARAT Vita Fitria Sari; Mayar Afriyenti; Fefri Indra Arza; Mia Angelina Setiawan
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.422 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.457

Abstract

Sejak diterbitkan SK Dirjen Dikdasmen No.130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum SMK Terbaru pada awal tahun 2017 dan yang mulai diberlakukan sejak tanggal 10 Februari 2017 telah membawa banyak perubahan dalam struktur kurikulum SMK. Perubahan yang terjadi adalah munculnya mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan” yang akan diajarkan pada kelas XI dan XII. Permasalahan yang dihadapi adalah akuntansi pemerintahan adalah bidang yang baru bagi tim MGMP Akuntansi Provinsi Sumatera Barat sehingga pemahaman dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah masih terbatas dan sampai saat ini tim MGMP Provinsi Sumatera Barat belum memiliki dan belum mempersiapkan jobsheet untuk mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan”, padahal mata pelajaran ini akan mulai diajarkan pada tahun ajaran 2018/2019 untuk kelas XI. Drill learning adalah metode pengajaran yang tepat untuk mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan”. Untuk memperlancar metode drill learning maka dibutuhkan media pembelajaran yang berisi latihan-latihan yang dapat dikerjakan oleh siswa berupa jobsheet. Kegiatan ini telah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan dan menyelesaikan jobsheet mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan”, ini dibuktikan pada akhir kegiatan peserta telah dapat menyelesaikan latihan kasus penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah dengan nilai rata-rata 97.72 melebihi target dari kegiatan ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru-guru akuntansi peserta dalam kegiatan ini telah siap untuk mengajar mata pelajaran “praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintahan” dengan menggunakan metode drill learning.
MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT YANG KREAKTIF DAN INOVATIF MELALUI PEMASARAN BERBASIS ONLINE Amarul Amarul; Suryaman Suryaman; Ahmad Azis
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2024.944 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.458

Abstract

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk kuliah kerja mahasiswa di Universitas Serang Raya. Tujuan kegiatan ini guna meningkatkan potensi yang dimiliki masyarakat serta meningkatkan pendapata para pengrajin, dan membantu masyarakat memperoleh informasi pengatahuan pada bidang pemasaran. Luaran kegiatan ini adalah pemasaran online berupa blogspot guna memperkenal asal daerah pengrajin dan mempermudah para pengrajin dalam memasarkan produknya, serta dapat memperluas wilayah pemasaran yang selama ini menggunakan sistem tradisional.
PENGEMBANGAN UMKM “SISTIK” KHAS CIANJUR PENUHI PENGHASILAN SAMPINGAN KELUARGA Cressya Cesia Ansca; Natalie Lieputra
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3463.744 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.459

Abstract

Kegiatan Community Development merupakan program pengembangan masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian para produsen yang berada di kawasan Cianjur melalui penjualan yang berkelanjutan menggunakan penerapan strategi pengembangan UMKM yang efektif dan efisien. Para penulis berkesempatan untuk membimbing salah satu produsen makanan ringan khas daerah Cianjur yang disebut “Sistik”. Makanan ringan berbahan dasar tepung dengan menonjolkan cita rasa kencur yang kuat. Sebelumnya beliau memang sudah berjualan namun belum mampu mengoptimalkan hasil produksinya baik dari segi Pemasaran, Keuangan, Produksi, dan Tenaga Kerja. Dalam menentukan strategi yang tepat, penulis mengidentifikasi metode penelitian usaha menggunakan analisis SWOT. Strategi yang direkomendasikan menggunakan strategi penetapan harga, promosi, peningkatan kualitas produk, dan distribusi. Program dapat dikatakan berhasil karena pada akhirnya produsen menerapkan diversifikasi harga produk yang jelas, menambahkan varian rasa dan ukuran produk, peningkatan brand awareness “Sistik” Haura melalui desain logo kemasan yang menarik. Selain itu, adanya penjualan melalui media sosial, keluarnya nomor ijin P-IRT, serta melakukan penitipan produk pada restoran ataupun factory outlet. Selain itu, berhasil meningkatnya pendapatan bersih setelah dikurangi biaya-biaya produksi.
Pembinaan Usaha Aneka Snack di Kampung Simangu, Pagar Agung, Walantaka Wahyu Nugroho; Fikri Habibi; Abdul Fatah; Supriyadi Supriyadi
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2261.517 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.460

Abstract

Usaha kecil menengah merupakan penyangga perekononian Indonesia. Pada prakteknya keberadaan usaha kecil mampu meningkatkan perekonomian desa setempat. Usaha aneka snack di kampung Simangu Pagar Agung merupakan salah satu usaha kecil yang dikelola masyarakat. Pada perkembangannya usaha ini mengalami kendala dalam perluasan pemasaran dan peningkatan penjualan yang disebabkan kemampuan sumber daya yang terbatas dan masih dikelola secara tradisional. Kegiatan pembinaan usaha kecil ini bertujuan untuk meningkatkan promosi dan menciptakan merk dagang dengan pemanfaatan teknologi sehingga penjualan diharapkan meningkat. Hasil kegiatan ini antara lain mendesign logo produk untuk menciptakan brand merk produk, penggunaan media sosial facebook dan instagram sebagai sarana promosi dan pembuatan spanduk dan banner sebagai media promosi langsung ke masyarakat.
MENGEMBANGKAN UKM MELALUI PELATIHAN INTERNET MARKETING DI KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG Mira Veranita; Yuda Syahidin; Gunardi Gunardi
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.112 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.461

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia, memiliki peran penting dalam pertumbuhan eknomi dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu, UKM juga memiliki keunggulan lain yaitu memiliki kecepatan inovasi, memiliki fleksibilitas dan biaya operasional yang rendah. Namun dalam perkembangannya, UKM di Indonesia juga mengalami berbagai permasalahan, antara lain hambatan dalam pemasaran yaitu kesulitan memperkenalkan produk-produknya dan memperluas area pemasaran, khususnya dengan memanfaatkan teknologi Internet Marketing. Untuk mengatasi masalah tersebut, telah diselenggarakan Pelatihan Internet Marketing bagi UKM di Kecamatan Lengkong Kota Bandung, yang memperkenalkan peserta pada pengertian, manfaat, metode, strategi, teknik dan lingkungan Internet marketing dengan memanfaatkan Medsos, Blog, Mesin Pencari, Market Place dan Video marketing. Setelah Pelatihan ini dilaksanakan, diharapkan UKM meningkat pengetahuan dan kesadarannya tentang pentingnya Internet Marketing, dan memanfaatkannya dalam pengembangan pemasaran produknya.
PENGHASILAN YAYASAN KEAGAMAAN, OBJEK PAJAK? Marsono Marsono; Hanik Susilawati Muamarah
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.744 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.462

Abstract

Sebagai bangsa yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, Indonesia mengakui enam agama, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu. Pemeluk agama Islam adalah pemeluk agama mayoritas di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan banyaknya masjid sebagai tempat ibadah umat Islam. Dalam praktiknya, pengelolaan masjid pada umumnya dilakukan dalam organisasi dengan bentuk badan hukum berupa yayasan.Yayasan masjid dalam perkembangannya tidak hanya memperoleh pemasukan dalam bentuk infak dari jemaahnya, namun juga dari beberapa usaha yang dibuka misalnya persewaan ruangan masjid untuk resepsi pernikahan. Ketentuan perpajakan yang berlaku menyebutkan bahwa yayasan merupakan subjek pajak badan yang memiliki hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Dengan demikian yayasan masjid harus memiliki pengetahuan perpajakan yang memadai agar dapat menjalankan hak kewajiban perpajakannya dengan baik. Yayasan Masjid Raya Bintaro Jaya (YMRBJ) sebagai salah satu yayasan keagamaan belum memiliki pengetahuan yang memadai terkait perpajakan, sehingga dikhawatirkan dapat mengalami kendala dalam usahanya untuk menjadi wajib pajak patuh. Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) bertujuan untuk memberikan pedoman pelaksanaan kewajiban perpajakan, khususnya dalam identifikasi penghasilan yang merupakan objek pajak bagi YMRBJ.
EDUKASI PEMBUATAN PEMBERSIH LANTAI DARI MINYAK JELANTAH PADA SMK AL MAHSOEM DESA SINDANG HEULA KABUPATEN SERANG Harsiti Harsiti; Vidila Rosalina; Tb. Ai Munandar; Abdul Bahits
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1388.746 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.463

Abstract

keterampilan siswa dan siswi SMK Al Mashoem untuk mengolah limbah yang berasal dari rumah tangga yaitu minyak jelantah, minyak yang sudah berulang kali dipakai menggoreng atau mengolah makanan. Pengolahan minyak jelantah menjadi pembersih lantai memiliki manfaat dalam hal kesehatan, kebersihan lingkungan dan ekonomi. Keterampilan mendaur ulang minyak jelantah ini menjadi alternatif untuk mencegah pemakaian minyak jelantah dalam memasak sehingga salah satu penyebab penyakit kanker dapat dihindari. Keterampilan ini juga akan mencegah polusi pada tanah dan air karena minyak jelantah tidak dibuang sembarangan. Terlebih lagi, hasil daur ulang yang berupa cairan pembersih lantai mempunyai nilai ekonomi lebih banyak dari minyak jelantah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Al Mashoem, sekolah perintis yang ada di Desa Sindang Heula Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Jumlah kelas dan muridnya yang belum banyak mempermudah memberikan edukasi melalui kegiatan pengabdian ini. Edukasi pengelolaan minyak jelantah menjadi pembersih lantai ini diharapkan mampu memberikan motivasi besar baik untuk siswa-siswi dan pihak sekolah karena misi sekolah adalah menghasilkan siswa-siswi memiliki jiwa enterpreuner. Produk yang dihasilkan dapat dipasarkan ke masyarakat sekitar dengan harga yang terjangkau dan penghasilannya dapat dimanfaatkan untuk mendukung operasional sekolah dalam menciptakan siswa-siswi yang berjiwa wirausaha dan mandiri.
MEDIA PROMOSI “CAKERY MAMAH HANI” DI ERA DIGITAL, JANGAN LUPAKAN PROMOSI OFFLINE Michelle Natasha Djuari; Citra Jayanti Yuwono
KUAT : Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan Vol 1 No 1 (2019): Edisi Maret
Publisher : Polytechnic of State Finance STAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2045.973 KB) | DOI: 10.31092/kuat.v1i1.464

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat di desa Cipendawa, Pacet, Jawa Barat adalah melakukan pengembangan usaha baik dalam bidang operasi, tenaga kerja, promosi, keuangan, dan distribusi. Pemilik usaha atau yang disebut mitra merupakan produsen kue cupcake yang sudah berjualan sejak 2014. Produk cupcake ini terbentuk dari kue yang dihias sedemikian rupa dengan perpaduan krim kue berwarna yang tentunya digemari oleh para konsumennya. Mulanya, konsumen fokus ditargetkan pada anak kecil namun sekarang sudah meluas menjadi masyarakat sekitar daerah Cianjur. Tim peneliti menggunakan analisis SWOT serta melakukan riset dalam pasar melalui observasi langsung dan wawancara. Hasil kegiatan community development terhadap usaha mitra tim peneliti adalah meningkatnya penjualan produk usaha cupcake melalui promosi offline, wilayah pendistribusian lebih luas, serta pengembangan jenis cupcake menjadi bisa di-custom sesuai keinginan dari para konsumen.

Page 1 of 10 | Total Record : 99