Kegiatan bimbingan teknis ini dilakukan dengan tujuan mensosialisasikan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) abad 21 karena masih banyak bias yang dihadapi oleh para guru, terutama para guru mata pelajaran Bahasa Inggris, terkait perubahan sistem, media pembelajaran, dan lain sebagainya, mengingat Bahasa Inggris menjadi semakin krusial dan peran guru Bahasa Inggris juga harus semakin disesuaikan sesuai peradaban saat ini. Data dalam penelitian ini adalah hasil angket (questionnaire) dan sumber datanya adalah questionnaire. Subjek yang diambil adalah para peserta bimbingan teknis dalam kegiatan ini yang notabene adalah pendidik dan calon pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris. Instrumen yang digunakan adalah 5 pertanyaan mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), 5 pertanyaan mengenai literasi, dan 5 pertanyaan mengenai HOTS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dari hasil kegiatan, dapat dihasilkan bahwa para pendidik dan calon pendidik mata pelajaran Bahasa Inggris masih belum terdorong untuk melakukan Penguatan Pendidikan Karakter namun sudah menyadari pentingnya pengembangan literasi dan implementasi HOTS pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) abad 21 yang sangat relevan dengan peradaban teknologi dan digital.
Copyrights © 2022