cover
Contact Name
Mochamad Ighfir Sukardi
Contact Email
gramaswara@gmail.com
Phone
+6285331738771
Journal Mail Official
gramaswara@gmail.com
Editorial Address
Jalan Veteran Malang, Indonesia.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : -     EISSN : 2807369X     DOI : https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara
Jurnal GRAMASWARA bergerak dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni. Jurnal GRAMASWARA mewadahi berbagai artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, bahasa, sastra, budaya, dan seni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 36 Documents
PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SMK KOTA SURABAYA Rahmat Setiawan; Nukmatus Syahria; Ferra Dian Andanty; Salim Nabhan
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Abstract

The following workshop is done with the aim to socialize the ways to develop teaching module for Independent Curriculum especially for English subject, since there are still many English teachers who are confused in arranging the teaching module. The data is taken from questionnaire. The participants in this study is the English eachers from Vocational High School in Surabaya. There are 5 questions in the questionnaire. The results showed that the English teachers from Vocational High School in Surabaya is enthusiastic to join the workshop and to create the teaching module after the workshop finished. Previously, many of them were still confused about preparing learning modules due to various perceptions, after attending the workshop they had the same perceptions in developing teaching module and they were more confident in creating it.
PELATIHAN ENGLISH FOR JOB HUNTING DI MADRASAH DINIYAH BABA AL HIKMAH DI DESA JINGGLONG, SUTOJAYAN, BLITAR. fu'ad sholikhi
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.02

Abstract

Many firms today only search for the finest quality human resource. Those organizations ignore people with poor communication skills because they want employees who can successfully communicate in both English and the local language. During the interview, the job seeker must deal with the English language, and job interview skills are not generally taught in formal schools. The goal of this program is to use the team-teaching method to deliver English for Job Hunting Training to 16 students at Baba Al Hikmah. This method contains English Interview Tips and Tricks, as well as understanding Curriculum Vitae and Resume, are included in this strategy. To do so, the author utilizes 4 techniques (planning, implementation, observation, and evaluation) to solve the students’ problem at Baba Al Hikmah. With the help of this training, the students have better knowledge in English for Job Hunting (Interview, Curriculum Vitae, Resume), have a stronger desire to learn English, and have new English Vocabularies. It is hoped that the training can be a stepping-stone to deal with Job Interviews at a foreign company.Keywords: job hunting; interview; English; curriculum vitaeAbstrakBanyak perusahaan saat ini hanya mencari sumber daya manusia dengan kualitas yang terbaik. Organisasi-organisasi tersebut mengabaikan orang-orang dengan keterampilan komunikasi yang buruk karena perusahaan tersebut menginginkan karyawan yang fasih dalam bahasa Inggris dan bahasa lokal. Para pencari kerja pastilah menghadapi wawancara berbahasa Inggris, dan keterampilan tersebut umumnya tidak diajarkan di sekolah formal. Tujuan dari program ini adalah menggunakan metode team-teaching untuk menyampaikan Pelatihan Mencari Kerja berbahasa Inggris kepada 16 santri di Baba Al Hikmah. Metode ini berisi Tips dan Trik Wawancara Bahasa Inggris, Curriculum Vitae, dan Resume. Untuk itu, penulis menggunakan 4 teknik (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi) untuk memecahkan masalah para santri di Baba Al Hikmah. Dengan pelatihan ini, para santri memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam hal Mencari Kerja berbahasa Inggris (Interview, Curriculum Vitae, Resume), memiliki keinginan yang lebih kuat untuk belajar Bahasa Inggris, dan memiliki pembendaharaan Kosakata Bahasa Inggris yang baru. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan untuk menghadapi Wawancara Kerja di perusahaan asing.Kata Kunci: mencari kerja; wawancara; Berbahasa Inggris; curriculum vitae
PENYEDIAAN SARANA INFORMASI CERITA SEJARAH DALAM BAHASA INGGRIS DI DAERAH WISATA ‘KAMPUNG HERITAGE KAYOETANGAN’ MALANG – JAWA TIMUR Irene Nany Kusumawardani
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.04

Abstract

Perkembangan pariwisata di Kota Malang, sebaiknya diimbangi dengan peningkatan kemampuan komunikasi, terutama bahasa asing (bahasa Inggris) bagi para pelaku wisata dan fasilitas wisata yang mampu mengkomunikasikan hal-hal yang mendasar bagi wisatawan asing, seperti penunjuk jalan maupun keterangan/cerita dari suatu spot wisata. Kampung Heritage Kayoetangan (KHK) sebagai salah satu destinasi wisata kampung tematik di kota Malang membutuhkan fasilitas informasi sejarah yang dapat menceritakan asal-usul dan warisan budaya dari spot-spot bersejarah yang ada disana. Oleh karena itu, pengabdian ini dilakukan untuk membantu dalam penyediaan sarana informasi cerita-cerita sejarah di KHK, dan memberi nilai tambah sehingga para pelaku wisata disana dapat terbantu untuk mengkomunikasikan nilai sejarah dari tempat-tempat yang mereka tinggali.
PENINGKATAN MENTAL HEALTH DAN WELL-BEING BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FIB-UB PADA MASA PANDEMI COVID-19 Dian Degeng
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.01

Abstract

Mental health has become a critical issue recently for young adults (students) around the world, and it is fitting that educational institutions, including in Indonesia, provide a key developmental context to equip students with lifelong mental health and wellbeing skills. The demands on students can replace their ability to cope, coupled, in many cases, with preexisting or newly manifested psychiatric symptoms. The findings of many surveys have highlighted the true severity of the student mental health crisis and are an urgent call to action for universities and government agencies because otherwise it risks an entire generation of students and the future of a nation. Regarding stigma in society, even in educational institutions themselves, the level of hiding the real problem poses a risk that tends to be higher than when we face and deal with this problem openly. Therefore, mental health support for students must be a top priority for our university leaders. 
SOSIALISASI STOP BULLYING (PERUNDUNGAN) DI SMA/SMK MUHAMMADIYAH SINGKUT KECAMATAN SINGKUT KABUPATEN SAROLANGUN Wahyu Rohayati
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.02.04

Abstract

Generasi muda adalah tumpuan dan modal pembangunan bangsa.  Untuk itu, orang tua, pendidik, pemerintah diharapkan bersungguh-sungguh memberikan pendidikan yang terbaik bagi mereka. Kesepahaman serta tindakan melindungi terhadap hak atas  anak  telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik  Indonesia Tahun 1945 Pasal 28B ayat (2) menyatakan  bahwa  setiap anak  berhak  atas kelangsungan   hidup, tumbuh dan  berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, namun dalam implementasinya di lapangan masih menunjukkan  adanya  berbagai  kekerasan yang  menimpa  pada anak antara lain adalah bullying. Meningkatnya dan tumbuh kembangan kebutuhan masyarakat di dunia, teknologi informasi memegang peran penting, baik di masa kini maupun di masa mendatang.  Peran dari teknologi juga berpengaruh kepada siswa-siswi di sekolah, karena teknologi juga dapat menyebabkan siswa-siswi dapat melakukan tindakan bullying pada siswa yang lainnya, sehingga tidak dapat dipungkiri tindakan bullying juga semakin meningkat dikalangan pelajar, minimnya pengetahuan masyarakat, pelajar, terkait tindakan bullying. Atas dasar itu, diperlukan sosialisasi stop bullying dikalangan pelajar/siswa-siswi di SMK/SMA Muhammadiyah Singkut. Adapun Sosialisasi ini dilakukan dengan 1). Menyampaikan materi secara langsung/Ceramah tentang definisi, dampak yang ditimbulkan, peraturan-peraturan yang terkait dengan bullying, 2). Shering, berdiskusi, Tanya jawab dan dialog diberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam sosialisasi ini, 3). Mengguanakan alat bantu Audio Visual peralatan elektronik audio visual akan dapat digunakan untuk menampilkan foto-foto/ilustrasi para korban bullying, menampilkan materi dll. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah semakin bertambahnya pengetahuan siswa-siswi tentang stop bullying, dan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman tentang peraturan-peraturan hukum yang berkaitan tentang bully, serta dampak yang ditimbulkan dari korban bully.
PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN PIDATO DENGAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH Maulidia Tifani Alfin Nur Hardiana; Siti Aisah; Yussi Anggraini
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.06

Abstract

Berpidato merupakan salah satu keterampilan yang harus dipraktikkan siswa di sekolah dasar. Pidato menjadi salah satu     langkah awal untuk melatih kemampuan komunikasi secara lisan. Kenyataan yang terjadi di kelas bahwa siswa merasa kurang mampu melakukan kegiatan ini. Selain itu, siswa merasa bahwa tingkat percaya diri yang dimiliki sangatlah rendah. Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan pendampingan kepada siswa untuk berlatih dalam kegiatan pidato dengan menggunakan metode practice rehearsal pairs. Kegiatan ini dilaksanakan di MI Mafatihul Huda. Metode pelaksanaannya mencakup persiapan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, dan pembuatan laporan akhir. Adapun hasil kegiatannya mencakup rasa percaya diri siswa dalam berpidato meningkat dengan praktik pidato secara berpasangan. Selain itu, praktik pidato mampu mengasah kemampuan berbicara siswa dan menambah minat belajar siswa karena mereka belajar secara berpasangan dengan temannya.
KANTONG SEMEN DAN PLASTIK SEBAGAI PRODUK KREATIF DI DESA BUGEL, KECAMATAN SEKARAN, KABUPATEN LAMONGAN MELALUI PROGRAM ISUK (INVESTASI SAMPAH UNTUK KESEHATAN) Nur Ikhsan; Fitrahayunitisna Fitrahayunitisna; Marcella Marcella; Nadya Pradita Hosensyah
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.01.03

Abstract

Kemitraan Puskesmas Sekaran dengan Tyaga Art Management dalam program Posbindu PTM (Posbinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) adalah kerjasama pembuatan program kesehatan yang inovatif yaitu ISUK (Investasi Sampah Untuk Kesehatan). Melalui program ISUK diidentifikasikan banyaknya sampah kantong semen dan plastik yang dapat dijadikan sebagai bahan industri kreatif guna meningkatkan nilai ekonomis dan mandiri. Maka dari itu, perlu dilakukan pelatihan pemanfaatan kantong semen dan plastik menjadi produk kreatif yang bernilai ekonomis yang layak bersaing di pasar. Metode kegiatan ini adalah dengan pelatihan yang beNukerja sama dengan UPT Puskesmas Sekaran. Hasil kegiatan produk kreatif yang berupa tas, tote bag, dan dompet. Masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi mengikuti kegiatan ini, bahkan ada yang berencana untuk menekuni sebagai usaha mandiri.
PENGUATAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS POTENSI KEARIFAN LOKAL DAERAH DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG Vanda Hardinata; Putri Kumala Dewi; Nia Budiana
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.05

Abstract

Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dengan berbagai potensi daerah yang bernilai ekonomis serta potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. Pada sektor pendidikan yang berada di daerah terpencil multi potensi seperti Desa Toyomarto pun kurang begitu mendapat perhatian pemerintahan setempat di dalam upaya mengembangkan kegiatan sumber daya manusia. Kurangnya fasilitas IT dalam dunia pendidikan terutama di sekolah-sekolah yang berada di desa berakibat lemahnya perkembangan IT dalam era revolusi industri 4.0. Pemilihan tema untuk penguatan mutu pendidikan ini diharapkan akan meningkatkan sumber daya manusia terutama tenaga pendidik dan peserta didik. Penguatan mutu pendidikan berbasis potensi kearifan lokal daerah terutama Desa Toyomarto ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan potensi yang ada di Desa Toyomarto ini. Oleh karena itu, tim pengabdian merencanakan sebuah konsep penguatan mutu pendidikan di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang berupa mengadakan workshop/pelatihan pengembangan mutu pendidikan dengan berbasis potensi daerah yang bisa dimaksimalkan dalam peningkatan pendidikan. Lebih jauh, perencanaan sinergi pengembangan mutu pendidikan ini akan berdampak positif dalam peningkatan strategi, perencanaan, media, dan evaluasi pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
PENGUATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN MEDIA VISUAL DIGITAL DI DESA TOYOMARTO KECAMATAN SINGOSARI KABUPATEN MALANG Vanda Hardinata
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.02

Abstract

Desa Toyomarto mempunyai fasilitas pendidikan terdiri dari tingkat SD sampai dengan SMU yakni ada 5 bangunan SD/MI (SDN Toyomarto I, SDN Toyomarto II, SDN Toyomarto III, SDN Toyomarto IV, dan MI Al-Ma’arif 06), 1 bangunan SMP (SMP Islam Al-Ma’arif 02) dan 1 bangunan SMK (SMK Insan Mandiri). Upaya meningkatkan kualitas di bidang pendidikan dan untuk mendorong peningkatan kompetensi guru yang memiliki kecerdasan dan daya saing yang lebih baik, maka arah kegiatan yang ditempuh adalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang berintegrasi digital era milenial 4.0 berupa produk media ajar visual digital dalam proses pembelajaran. Penguatan kompetensi guru dalam penyusunan media visual digital terutama Desa Toyomarto ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama peningkatan kualitas pembelajaran dengan meningkatkan kompetensi guru-guru dalam menyiapkan media ajar dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tim pengabdian melaksanakan kegiatan pengabdian berupa workshop/pelatihan dengan penyelenggara pendidikan di semua jenjang pendidikan terkait “Penguatan penguatan kompetensi guru dalam penyusunan media ajar visual digital di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang”. Lebih jauh, perencanaan sinergi pengembangan kualitas pendidikan ini akan berdampak positif dalam peningkatan strategi, perencanaan, media, dan evaluasi pembelajaran di Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Hasil dari kegiatan ini berupa pelatihan pembuatan media ajar berbasis digital yang diterapkan guru-guru dalam proses pembelajaran.  Kata Kunci: kompetensi guru; media visual digital; Desa Toyomarto
PEMANFAATAN MICROSOFT INOVATIVE EDUCATION FOLLOW OFFICE 365 PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI SMPN 5 PALU Chairunnisa Ar Lamasitudju
Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Jurnal Gramaswara: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21776/ub.gramaswara.2021.001.02.05

Abstract

Office 365 adalah metode pembelajaran online yang dianggap tepat untuk bisa diterapkan di kedua sekolah mitra sebagai salah satu metode tambahan selain konvensional. Metode e-learning adalah sistem pembelajaran elektronik yang memanfaatkan sarana internet dalam prosesnya, guru dapat berinteraksi dengan siswa di kelas online. SMPN 5 Palu Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu sekolah menengah Pertama yang letaknya strategis, dapat ditempuh dari tiga arah dan transportasi lancar. Sekolah ini memiliki kekuatan, antara lain berupa: memiliki tenaga pengajar yang berkomitmen tinggi dalam meningkatkan mutu lulusan, jumlah pendaftar yang banyak, semangat belajar siswa yang tinggi, dan laboratorium yang memadai, termasuk sebuah laboratorium multimedia. Metode pembelajaan yang digunakan oleh guru-guru di sekolah mitra selama ini adalah metode konvensional yaitu ceramah di kelas, tidak ada pemanfaatan sarana internet dalam pembelajaran mereka karena belum mengetahui, padahal sarana dan prasarana yang dimiliki guru-guru dan siswa sangat mendukung, sebab guru dan siswa sebagian besar sudah memiliki laptop sendiri dan di sekolah sudah tersedia sarana laboratorium komputer. Begitu pula sarana jaringan telekomunikasi dan internet sudah menjangkau hampir semua wilayah Kota Palu, sehingga tidak sulit untuk menerapkan pembelajaran online. Dimana tujuan dari pelatihan ini adalah Pembelajaran dapat berjalan efektif walaupun dalam kondisi PJJ dengan beradabtasi pada Microsoft Office 365 agar siswa yang berada jauh diluar kota palu tetap dapat melaksanakan pembelajaran secara online. Membantu Guru dalam mengelola kelas online seperti mengupload materi, membuat soal latihan online dan memberi bobot nilai pada soal tersebut, meng-kreasikan materi menjadi video pembelajaran menarik dan lain sebagainya. Microsoft Office 365 merupakan salah satu aplikasi Office berbasis Cloud yang diciptakan oleh perusahaan Microsoft yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses berbagai konten secara online/daring dengan bantuan internet. Pengembangan kelas digital bebasis Microsoft 365 ini baru saja dilatihkan kepada 30 orang guru di SMP N 5 Palu.

Page 1 of 4 | Total Record : 36