Kelompok anak-anak difabel merupakan salah satu kelompok yang paling rentan ketika terjadi bencana, sebab keterbatasan yang mereka miliki dapat menghambat mobilitas dalam upaya penyelamatan diri secara mandiri tanpa modifikasi lingkungan yang tepat dan bantuan dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keberhasilan pola simulasi bencana alam ramah difabel untuk orang tua dan guru SLB terhadap peningkatan pengetahuan. Metode penelitian ini menggunakan pre experimental design tipe one grup pretest- posttest design, yang berjumlah 70 responden. Hasil uji menunjukan bahwa terdapat rerata peningkatan pola simulasi bencana alam ramah difabel pada orang tua dan guru di sekolah luar biasa pada kelompok intervensi sebelum dan setelah diberikan perlakuan yaitu 14.97 menjadi 17.66 dengan peningkatan 2,69, nilai p 0.000 (p>0.05). Kesimpulan Terdapat peningkatan pengetahuan pola simulasi bencana alam setelah diberikan intervensi pada orang tua dan guru SLB di Kota Cimahi.
Copyrights © 2021