ABSTRAKPendahuluan: Kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Kecerdasan spiritual membantu mahasiswa dalam mengambil keputusan dan kecerdasan sosial membantu mahasiswa dalam bersosialisasi ketika perkuliahan. Semakin baik kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin baik pula prestasi akademiknya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa.Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasi deskriptif analitik dengan pendekatan explanatory squencial mixed method, yaitu melakukan pengumpulan dan analisa data secara kuantitatif dengan kuesioener lalu kualitatif dengan Focus Group Discussion (FGD). Sampel penelitian ini adalah 241 mahasiswa Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang yang didapat dari total sampling dengan kriteria minimal sampel (Morgan and Krecjie Table) dan dianalisis menggunakan aplikasi Smart PLS. Sedangkan Focus Group Discussion menggunakan 12 sampel (6 laki-laki dan 6 perempuan) yang diambil dari variasi maksimum responden dan dianalisis dengan analisa konten model Miles and Huberman.Hasil: Kecerdasan spiritual memiliki nilai T statistik 2,119 sehingga menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik. Sedangkan kecerdasan sosial memiliki nilai T statistik 1,069 sehingga menunjukkan pengaruh positif tidak signifikan.Simpulan: Kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi akademik sedangkan kecerdasan sosial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap prestasi akademik. Kata Kunci: kecerdasan spiritual; kecerdasan sosial; prestasi akademik; dan mahasiswa fakultas kedokteran.
Copyrights © 2022